Car Free Day di Jakarta (foto:MI/Susanto)

Sejarah Hari Ini, 22 September: Hari Bebas Kendaraan Bermotor Internasional

Publish by Redaksi on 22 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Tanggal 22 September diperingati sebagai International Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor Internasional.

Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor Internasional dimulai pada tahun 1973. Pada tahun tersebut terjadi krisis minyak atau oli crisis.

Adalah Erick Britton, orang yang memulai Car Free Day. Sebagai keynote speaker dalam International Ciudades Accesibles (Accessible Cities) Conference di tahun 1994, ia menyampaikan pidatonya.

Berjudul Thursday: A Breakthrough Strategy for Reducing Car Dependence in Cities, Erick menyerukan hal tersebut pada konferensi yang digelar di Toledo Spanyol.

Tahun 1996, peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali diadakan di 3 kota di 3 negara yakni di Reykjavik Islandia, Bath Inggris danLa Rochelle Prancis.

Baru di tahun 2000, Car Free Day menjadi acara global dengan nama World Car Free Day program yang diluncurkan oleh Carbusters.

Tujuan perayaan International Car Free Day adalah untuk menyediakan area bebas kendaraan bermotor di belahan bumi manapun.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross