8 Ancaman yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Kemarau

Publish by Redaksi on 26 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Musim kemarau seringkali disambut dengan cerahnya langit biru dan sinar matahari yang terik. 

Namun, di balik keindahannya, musim kemarau juga membawa sejumlah ancaman kesehatan yang perlu diwaspadai. 

Dirangkum IDenesia dari pelbagai sumber, Selasa 26 September 2023, berikut beberapa hal yang perlu diwaspadai saat musim kemarau:

1.Dehidrasi

Cuaca panas dan kurangnya curah hujan dapat menyebabkan dehidrasi. Penting untuk selalu menjaga diri Anda terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari.

2. Heatstroke (Pingsan Akibat Panas)

Terlalu lama terpapar panas dapat menyebabkan heatstroke. Ini adalah kondisi serius yang dapat mengancam nyawa. Penting untuk menghindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari dan mencari tempat teduh saat cuaca sangat panas.Infeksi

3. Saluran Pernapasan

Polusi udara dan debu seringkali meningkat selama musim kemarau, yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan seperti batuk, pilek, dan penyakit pernapasan lainnya.

4. Masalah Kulit

Kulit Anda mungkin menjadi kering, gatal, atau terbakar matahari selama musim kemarau. Penggunaan tabir surya dan pelembap kulit sangat penting.

5. Gangguan Pencernaan

Air yang berkurang selama musim kemarau dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Pastikan untuk menjaga asupan serat dan cairan untuk menghindari masalah ini.

6. Keracunan Makanan

Panas yang ekstrem dapat meningkatkan risiko keracunan makanan karena bakteri berkembang biak lebih cepat dalam suhu tinggi. Pastikan untuk menyimpan dan mempersiapkan makanan dengan benar.

7. Serangan Hama

Musim kemarau juga dapat meningkatkan populasi serangga seperti nyamuk dan kutu yang dapat menyebabkan penyakit seperti demam berdarah dan penyakit yang ditularkan oleh vektor lainnya.

8. Krisis Air Bersih

Musim kemarau dapat mengakibatkan krisis air bersih, yang dapat menyebabkan penyebaran penyakit terkait air dan memaksa orang untuk menggunakan air yang tidak aman.

Untuk menghindari risiko penyakit selama musim kemarau, penting untuk menjaga pola hidup sehat, mematuhi tindakan pencegahan, dan selalu waspada terhadap perubahan cuaca dan kondisi lingkungan sekitar. 

Dengan perhatian dan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan kita dan tetap aman selama musim kemarau.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross