Ilustrasi, hujan. (Foto: Pexels-Pixabay).

Kapan Sulsel Diguyur Hujan? Begini Penjelasan BMKG

Publish by Redaksi on 26 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi perbedaan periode musim hujan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Sejumlah daerah di Sulsel utamanya Kota Makassar diperkirakan akan diguyur hujan mulai November 2023 mendatang. 

“Kalau Makassar dasarian dua November antara tanggal 11 sampai tanggal 20 kita prediksi mulainya musim hujan,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah kepada IDenesia.id, Selasa, 26 September 2023.

Hanafi Hamzah menyebut, ada 24 pola hujan yang dapat diidentifikasi di Sulsel dengan beberapa wilayah sudah memasuki musim hujan sejak awal November. Namun, ada juga daerah lain yang diperkirakan baru akan mengalami musim hujan pada tahun 2024.

Perbedaan pola hujan tersebut dipengaruhi oleh topografi geografis Sulsel, utamanya wilayah bagian Utara dan Selatan yang memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti pegunungan Latimojong, Bawakaraeng, dan Lompobattang. “Ada daerah-daerah lain yang menyusul bahkan nanti masuk tahun 2024 baru ada yang masuk musim hujan,” ujarnya.

“Yang jelas untuk pantai barat mulai dari Pinrang ke selatan sampai ke Takalar itu umumnya pada dekade dua bulan November 2023 masuk musim hujan. Untuk wilayah lainnya ada variasinya juga,” Hanafi Hamzah menerangkan.  

Kendati demikian, Hanafi Hamzah menjabarkan jika curah hujan harian melebihi 50 milimeter pada dasarian kedua November, antara tanggal 11 hingga 20 November maka dapat dianggap sebagai awal masuknya musim hujan. Sementara, jika kurang dari angka tersebut, musim hujan belum dimulai.

“Jadi 50 milimeter itu adalah indikasi atau acuan dimana apabila lebih akan masuk musim hujan, apabila masih kurang 50 milimeter artinya belum masuk musim hujan,” Hanafi Hamzah menyudahi.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross