Ilustrasi, hujan. (Foto: Melli O'brien).

Begini Kondisi Cuaca di Sulsel 3 Hari ke Depan di Awal Oktober

Publish by Redaksi on 30 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar melalui akun Instagramnya, kembali mengumumkan hasil analisis dan pemantauan kondisi prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, Sabtu, 30 September 2023. 

Diperkirakan tiga hari kedepan sebagian besar wilayah di Sulsel tidak berpotensi hujan. “Berikut kami sampaikan peringatan dini cuaca 3 hari ke depan di wilayah Sulawesi Selatan tanggal 01 Oktober s/d 03 Oktober 2023 jam 08.00 WITA (berlaku 24 jam),” tulis BMKG Sulsel yang dikutip Sabtu, sore. 

Kondisi wilayah dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel diperkirakan cerah berawan hingga tiga hari mendatang. BMKG juga tak melihat adanya tanda-tanda atau potensi angin kencang. Biasanya potensi angin kencang terjadi di pesisir selatan dan barat Sulawesi Selatan

Sementara khusus untuk kondisi cuaca di semua daerah wisata di Sulsel juga tak menunjukkan perubahan. Sejak, Minggu, 1 Oktober cuaca di semua kawasan destinasi wisata alam di Sulsel menurut BMKG cerah. Tak ada tanda-tanda atau potensi curah hujan yang melanda.

Dilansir dari akun yang sama sejak 8 Agustus lalu, BBMKG Wilayah IV Makassar sudah menganalisis kemudian mengingatkan masyarakat mewaspadai dampak kekeringan dari fenomena El Nino. Tahun ini, El Nino mengakibatkan kekeringan karena kemarau cukup parah daripada tiga tahun lalu. 

Kekeringan berdampak pada ketahanan pangan. “Puncak kemarau kering 2023 diprediksi akan terjadi pada Agustus hingga awal September dengan kondisi akan jauh lebih kering dibandingkan tahun 2020, 2021 dan 2022,” tulis BMKG Sulsel. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross