Che Guevara (foto:AFP/gettyimages)

Sejarah Hari Ini, 9 Oktober: Che Guevara Ditembak Mati

Publish by Redaksi on 9 October 2023

NEWS, IDenesia.id - Ernesto "Che" Guevara yang lahir pada 14 Juni 1928 adalah seorang pejuang revolusi, dokter, penulis, pemimpin gerilyawan, diplomat, dan pakar teori militer asal Argentina yang berhaluan Marxis. Sebagai salah satu tokoh utama dalam Revolusi Kuba, wajahnya telah menjadi simbol perlawanan dalam gerakan kontra kebudayaan dan dalam budaya populer.

Che Guevara lahir dari keluarga kelas menengah yang kaya pada 1928, tetapi kemudian mengalami radikalisasi oleh kemiskinan dan kelaparan yang dia saksikan di Amerika Selatan. Dia memainkan peran kunci dalam revolusi Kuba pada 1953-1959 yang menggulingkan diktator Fulgencio Batista.

Disadur IDenesia dari BBC, dikisahkan tentang Che Guevara yang kemudian menyatakan keinginannya untuk menyebarkan revolusi ke seluruh Amerika Selatan dan negara-negara berkembang lainnya. Dari Kuba dia melakukan perjalanan ke Bolivia untuk memimpin pasukan pemberontak melawan pemerintahan Presiden René Barrientos Ortuño.

Dengan bantuan AS, tentara Bolivia menangkap Che Guevara dan para pejuangnya yang tersisa. Dia dieksekusi pada 9 Oktober 1967 di desa La Higuera, dan tubuhnya dimakamkan di sebuah lokasi rahasia. Pada 1997, jasadnya ditemukan, digali dan dikembalikan ke Kuba, tempat ia dimakamkan kembali.

Kaum revolusioner sampai hari ini masih terbagi pendapatnya tentang sosoknya seperti yang dia lakukan semasa hidupnya. Para pendukungnya melihatnya sebagai contoh komitmen dan pengorbanan diri, adapun pengkritiknya menganggapnya brutal dan kejam.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross