Petugas Polres Sidrap saat simulasi Dalmas tangani konflik jelang Pemilu 2024. (Foto: Presisi Polri-Polres Sidrap).

Jajaran Polda Sulsel Aktif Simulasi Pengendalian Massa Tangani Konflik Pemilu 2024

Publish by Redaksi on 10 October 2023

NEWS, IDenesia.id - Jajaran Polda Sulawesi Selatan mulai aktif menggelar simulasi pengendalian massa (Dalmas) untuk menangani konflik pada Pemilu 2024 mendatang. Salah satu yang intens melaksanakan persiapan teknis sejak beberapa hari terakhir adalah Polres Sidrap.

"Pelatihan Pengendalian Massa juga dilaksanakan untuk menyikapi kesigapan personel Polres Sidrap dalam menghadapi pesta demokrasi atau pemilu serentak 2024 mendatang,” kata Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, dilansir dari akun Instagram Humas Polres Sidrap, Selasa, 10 Oktober 2023.

Simulasi digelar di halaman kantor Polres Sidrap. Petugas dibekali dengan perangkat teknis bagaimana meminimalisir potensi konflik yang bisa saja terjadi saat momen akbar Pemilu. Menurut Erwin Syah, pelaksanaan latihan Dalmas dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik.

Kemudian keterampilan dan kesiapsiagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) saat di lapangan. “Dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa,” jelas Kapolres Sidrap.

Pelatihan Dalmas lanjut Erwin Syah, juga dapat membentuk mental emosional anggota yang stabil. Kondisi ini tentu dianggap sangat penting mengingat personel yang bertugas di lapangan akan siaga panjang demi kelancaran proses Pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya personel tetap humanis tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” tegas Erwin menyudahi.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross