Sejarah Hari Ini, 13 Oktober: Nama Ujungpandang Kembali Berganti Menjadi Makassar

Publish by Redaksi on 13 October 2023

NEWS, IDenesia.id - Di masa pemerintahan Orde Baru, tepatnya pada 31 Agustus 1971, nama Kota Makassar resmi diganti menjadi Ujung Pandang. Sebutan Ujung Pandang sudah dikenal sejak tahun 1950-an.

Nama Kota Ujung Pandang yang diresmikan pemakaiannya pada tanggal 14 September 1971, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 51 Tahun 1971 yang dinyatakan berlaku tanggal 1 September 1971, sesungguhnya adalah merupakan perubahan nama dari Kota Makassar yang telah diperluas. 

Saat itu, pemerintah menganggap Makassar terlalu identik dengan satu suku saja di kota tersebut. Padahal, Makassar telah menjadi kota dengan wilayah multi-budaya. 

Nama Ujung Pandang dipilih karena berasal dari salah satu kampung di kota tersebut. Nama ini berasal dari sebuah benteng yang juga bernama Ujung Pandang yang didirikan di masa Raja Gowa bernama Tunipalangga pada 1545.

Meski begitu, di masa reformasi, masyarakat Ujung Pandang ingin kembali memakai nama Makassar yang dianggap lebih mewakili sejarah dan budaya kota tersebut. Pada 13 Oktober 1998, tepatnya saat pemerintah RI diperintah oleh Presiden BJ Habibie yang asli Sulawesi Selatan, nama Makassar kembali dipakai. Pergantian nama ini didukung oleh masyarakat serta dewan perwakilan rakyat.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross