Ilustrasi, pembangkit listrik PLN. (Foto: PLN.co.id).

Sudah Coba Modifikasi Cuaca Kemarau Ekstrem, Begini Penjelasan PLN Soal Pemadaman Listrik

Publish by Redaksi on 23 October 2023

NEWS, IDenesia.id - General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID-Sulselrabar), Moch Andy Adchaminoerdin mengatakan, pihaknya telah mencoba menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai upaya menangani masalah beban pada pembangkit listrik. 

Kemarau ekstrem yang melanda diketahui, membuat pembangkit listrik PLN UID Sulselrabar di beberapa tempat terbebani akibat kurangnya pasokan air. TMC kemudian diterapkan di daerah aliran sungai (DAS) lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) hingga relokasi pembangkit dari beberapa wilayah di Indonesia.

"Tim ahli PLN dalam bidang manajemen pembangkitan datang ke Makassar untuk turut membantu menghadirkan pembangkit dan menormalkan pasokan listrik," ungkap Andy dalam pengumuman yang dilansir dari akun Instagram resmi PLN UID Sulselrabar, Senin, 23 Oktober 2023. 

Andy menjelaskan, upaya tersebut tak hanya pada pembangkitan, tetapi juga di sisi distribusi dengan mengerjakan peningkatan keandalan untuk mengantisipasi musim hujan. "Petugas tetap bekerja tak kenal lelah di siang hari sebagai bentuk komitmen PLN dalam memastikan pasokan listrik aman saat musim hujan datang," jelasnya. 

Lebih lanjut Andy mengaku, dirinya mencatat sampai saat ini upaya TMC yang diupayakan cukup membuahkan hasil. "Alhamdulillah hujan sudah turun di beberapa lokasi PLTA, kami memohon doa agar debit air bertambah dan pola pengoperasian dapat maksimal," ucapnya. 

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya bapak/ibu PLN akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menjaga pasokan listrik secara kontinyu di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) yang terganggu akibat kemarau berkepanjangan,” lanjut PLN menyudahi. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross