Film horor (Foto: Fotokita Shutterstock)

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Film Horor Sangat Digemari di Indonesia

Publish by Redaksi on 26 October 2023

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Film Horor Sangat Digemari di Indonesia

NEWS, IDenesia.id - Film horor selalu menjadi film yang digemari di Indonesia. Tahun 2023 saja, daftar film box office yang menduduki 15 besar jumlah penonton paling banyak didominasi oleh film bergenre horor. 

Tidak hanya film horor, beberapa konten seperti novel, siniar, dan sebagainya yang menampilkan cerita horor, kriminal, dan adegan grafik juga sangat diminati oleh banyak orang.

Lalu apa alasan seseorang begitu menggemari konten-konten menyeramkan, bahkan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk ‘ditakut-takuti’? Ternyata, fenomena ini dapat dijelaskan secara ilmiah!

Disadur IDenesia dari laman Harvard Business Review, Kamis, 26 Oktober 2023, alasan ilmiahnya adalah sebagai berikut:

 

Sensasi stimulasi adrenalin

Saat menonton film horor, otak kita terstimulasi untuk melepaskan berbagai hormon, salah satunya adrenalin dan hormon stres lainnya. Sensasi ketegangan yang ditimbulkan dari paparan konten menyeramkan ini dapat membuat manusia kita ketagihan.

Adapun film horor banyak diminati sebagai sarana stimulasi adrenalin sebab kita menyadari bahwa apa yang kita tonton bukanlah kejadian nyata yang berbahaya, sehingga rasa tenang karena berada dalam situasi yang relatif aman dan terkendali, muncul bersamaan dengan adrenalin.

 

Pengalaman baru dan realitas alternatif

Alasan selanjutnya mengapa seseorang begitu menggemari konten horor adalah secara tidak langsung, ia merasa mendapatkan pengalaman baru dari tontonannya. Semisal, menonton film bertema akhir dunia atau wabah zombie, mengunjungi kawasan angker, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan kita untuk menghayati realitas alternatif, bahkan memberi sensasi pencapaian karena merasa lebih berani dan bernyali.

 

Rasa ingin tahu

Sebagai makhluk yang penuh rasa ingin tahu, manusia selalu penasaran dengan segala sesuatu di sekitarnya, tak terkecuali tentang sisi gelap jiwa manusia yang mampu melakukan hal-hal jahat. Dengan mengkonsumsi suguhan film, siniar, dan segala jenis konten horor, rasa penasaran ini dapat terpuaskan dengan cara yang aman.

 

Selain sederet alasan tadi, apakah ada hal lain yang menyebabkan manusia menggemari konten menyeramkan?

Dijelaskan lebih lanjut, mengkonsumsi film horor ternyata memiliki beberapa manfaat tersembunyi, antara lain:

 

Pemicu perasaan jatuh cinta

Penelitian menunjukkan bahwa mengalami pengalaman menyeramkan dalam berbagai bentuk bersama pasangan, baik menonton film atau berkunjung ke rumah hantu, dapat memfasilitasi perasaan romantis yang disebabkan kegembiraan bersama akibat jantung yang berdebar tanpa henti dari adegan menyeramkan yang sedang disaksikan.

 

Sarana ikatan sosial

Hormon oksitosin seringkali dilepaskan ketika kita sedang dalam situasi yang menakutkan. Hormon ini memfasilitasi timbulnya perasaan kedekatan dan keterhubungan dalam sebuah kelompok teman atau keluarga

 

Relaksasi pasca pengalaman mengerikan

Setelah stimulus adrenalin selesai dirasakan, akan timbul perasaan lega seiring berakhirnya ketegangan yang sedang disaksikan dari tayangan horor. Hal ini memicu pelepasan endorfin di otak manusia yang membuat kita merasa rileks dan segar.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross