Poster Film NYAD (Foto: Netflix)

NYAD: Kisah Nyata Diana Nyad Berenang dari Kuba ke Florida

Publish by Redaksi on 9 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Sebuah film biografi, NYAD, baru saja tayang perdana di Netflix pada 3 November lalu. Film ini menceritakan kisah nyata Diana Nyad dan rekor renang jarak jauhnya yang luar biasa dari Havana, Kuba, ke Key West, Florida, sejauh 110 mil atau sekitar 177 kilometer.

Film yang disutradarai oleh Elizabeth Chai Vasarhelyi dan Jimmy Chin serta ditulis oleh Julia Cox ini didasarkan pada otobiografi Nyad yang berjudul Find a Way pada tahun 2015.

Annette Bening berperan sebagai Diana Nyad, dan para pemeran film lainnya termasuk Jodie Foster sebagai Bonnie Stoll, Rhys Ifans sebagai John Bartlett, Karly Rothenberg sebagai Dee Brady, Jeena Yi sebagai Angel Yanagihara, Luke Cosgrove sebagai Luke Tipple, Eric T. Miller sebagai Jack Nelson, dan Garland Scott sebagai Jon Rose.

 

Sinopsis Film NYAD

Disadur IDenesia dari laman resmi Netflix, Kamis, 9 November 2023, NYAD adalah sebuah kisah nyata yang luar biasa tentang kegigihan, persahabatan, dan kemenangan semangat manusia, menceritakan sebuah babak yang memukau dalam kehidupan atlet kelas dunia, Diana Nyad.

Tiga dekade setelah berhenti dari renang maraton dan memilih karir yang cemerlang sebagai jurnalis olahraga, di usia 60 tahun, Diana (Annette Bening) terobsesi untuk menyelesaikan renang epik yang selalu menghantuinya: perjalanan sejauh 110 mil dari Kuba ke Florida, yang sering disebut sebagai "Gunung Everest"-nya para perenang.

Bertekad untuk menjadi orang pertama yang menyelesaikan renang tanpa sangkar hiu, Diana melakukan perjalanan mendebarkan selama empat tahun bersama sahabat dan pelatihnya Bonnie Stoll (Jodie Foster) dan tim layar yang berdedikasi.

 

Kontroversi Renang Kuba-Florida Diana Nyad

Disadur dari Screen Rant, meskipun tidak ditampilkan ke dalam film, drama terkait rekor renang Diana Nyad dari Kuba ke Florida sebenarnya baru dimulai sejak rekor tersebut menjadi sebuah kontroversi karena tidak pernah disahkan secara resmi, meskipun Nyad mengklaim sebagai orang pertama yang melakukan hal tersebut.

Akibatnya, Guinness Book of World Records menghapusnya dari arsipnya.

Ditambah lagi, beberapa anggota komunitas renang tidak percaya bahwa Nyad berenang tanpa bantuan dan bahwa dia mungkin telah menerima bantuan dari timnya.

Nyad meminta World Open Water Swimming Association (WOWSA) untuk mengesahkan renangnya dari Kuba ke Florida lima tahun kemudian. WOWSA membutuhkan waktu empat tahun, tetapi mereka mencapai kesimpulan pada tahun 2022.

WOWSA membuka kembali investigasinya pada bulan September 2023 karena adanya sejumlah antisipasi yang berkembang berkaitan dengan penayangan NYAD di Netflix, tetapi menolak untuk meratifikasi penayangan tersebut.

 

Diana Nyad Sekarang

Setelah berenang dari Kuba ke Florida pada tahun 2013, Diana Nyad menjadi sumber perhatian media dan bahkan muncul di Dancing with the Stars musim ke-18.

Hingga saat ini, Nyad masih terus berenang di perairan terbuka, memberikan pidato motivasi, dan melakukan wawancara dengan atlet lain. Dia juga menulis buku lain, The Swimmer: The Diana Nyad Story, yang diterbitkan pada tahun 2020.



#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross