Cover Album Led Zeppelin IV (Foto: Courtesy Of The Wiltshire Museum)

Peneliti Identifikasi Pria Tua yang Muncul di Sampul Album 'Led Zeppelin IV'

Publish by Redaksi on 10 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Tahukah Anda bahwa 8 November kemarin bertepatan dengan hari peluncuran salah satu album terlaris di dunia, album Led Zeppelin IV, pada tahun 1971 oleh band rock legendaris, Led Zeppelin?

Album yang menampilkan beberapa lagu-lagu hit band Led Zeppelin, termasuk diantaranya Black Dog dan Stairway to Heaven inilah yang disebut mengubah kancah musik rock untuk selamanya. 

Adapun sampul albumnya yang kini menjadi ikonik, menggambarkan seorang pria tua yang membungkuk sambil membawa seikat ranting pohon di punggungnya.

Brian Edwards, seorang peneliti di University of the West of England, secara rutin menjelajahi internet untuk mencari barang lelang pada bulan Maret, ketika tiba-tiba, dia melihat gambar di sebuah album foto dari era Victoria yang sangat mirip dengan pria tua yang menjadi wajah album Led Zeppelin IV.

"Ada sesuatu yang langsung terasa familiar," katanya kepada New York Times, sebagaimana disadur IDenesia dari laman Hypebeast, Jumat, 10 November 2023.

Setelah menghubungi Museum Wiltshire, yang sebelumnya membeli album foto tersebut, Edwards memastikan bahwa Ernest Howard Farmer adalah fotografer di balik foto tersebut dan pria tua dalam foto tersebut bernama Lot Long, yang merupakan seorang tukang jerami lokal yang tinggal di Mere.

Bagaimana band ini mendapatkan gambar itu sendiri masih menjadi misteri.

Legenda mengatakan bahwa vokalis Robert Plant dan gitaris Jimmy Page sedang menjelajahi toko barang antik, seperti halnya Edwards sendiri, ketika mereka melihat foto berwarna pria tua itu, yang akhirnya dijadikan sampul album studio keempat mereka.

Adapun sebuah pameran yang menampilkan lebih dari 100 foto dari album era Victoria akan digelar di Wiltshire pada 6 April hingga 15 September 2024 mendatang. Foto-foto tersebut, disebut oleh pihak museum, sebagai foto-foto yang “menangkap semangat masyarakat, desa, dan lanskap Wiltshire dan Dorset.”



#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross