Ilustrasi, kWh meter. (Foto: Idwebpulsa).

Soal Kompensasi Pengguna Daya 900 VA Dampak Pemadaman di Sulsel, Begini Penjelasan PLN

Publish by Redaksi on 13 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Kabar terkait adanya kompensasi bagi pengguna listrik dengan daya 450 hingga 900 VA berupa pembayaran selama dua bulan diluruskan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN menegaskan informasi yang beredar tersebut tidak betul adanya.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarif, menegaskan sejauh ini pihaknya sama sekali belum memberikan kompensasi kepada konsumen imbas dari pemadaman listrik.

“Sehubungan dengan informasi kompensasi pembayaran listrik yang beredar di WhatsApp Grup dan media sosial terkait kompensasi pembayaran listrik gratis dengan ini kami menegaskan hal tersebut tidak valid,” kata Ahmad kepada IDenesia.id, Senin, 13 November 2023.

Memang, pasokan listrik di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) mengalami gangguan akibat fenomena El Nino. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mencakup 33 persen dari total pasokan listrik di Sulbagsel terkendala dalam hal penyediaan tenaga listrik akibat kemarau panjang.

Sistem Kelistrikan Sulbagsel yang terhubung mulai dari Sulawesi Selatan daratan, Sulawesi Barat, Palu, Poso (Sulawesi Tengah) dan Sulawesi Tenggara daratan pun mengalami kendala memenuhi kebutuhan kelistrikan bagi konsumen. Karena berkurangnya debit air sehingga kemampuan PLTA turun.

“Musim kering yang berkepanjangan telah berdampak terhadap berkurangnya debit air sehingga menyebabkan kemampuan PLTA turun sekitar 75 persen dari 850 Megawatt (MW) menjadi hanya 200 MW,” terang Ahmad.

Kendati demikian lanjut Ahmad, di tengah kendala dalam menyuplai ketersedian tenaga listrik ke masyarakat, PLN mencanangkan akan memberikan kompensasi sesuai aturan.

“Terkait kompensasi manajemen beban akibat kondisi kelistrikan saat ini, PLN memastikan akan menindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

PLN berkomitmen untuk memperkuat sistem kelistrikan dengan berbagai upaya, termasuk menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di daerah aliran sungai PLTA, relokasi tambahan pembangkit, dan mengirimkan ahli di bidang pembangkitan untuk membantu mempercepat pemulihan sistem kelistrikan.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross