Ilustrasi, petugas PLN sedang bekerja. (Kominfo.jatimprov.go.id).

Dampak Pemadaman Listrik Rugikan Banyak Orang di Makassar, Begini Penjelasan PLN

Publish by Redaksi on 14 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menjadi fasilitator untuk menyampaikan keluh kesah masyarakat ke PLN terkait dengan insiden pemadaman listrik bergilir yang sempat terjadi beberapa bulan belakangan. Khususnya daerah Makassar dan sekitarnya. 

Danny menyampaikan keluhan masyarakat soal pemadaman listrik yang ia terima selama ini selama ini. Itu dikarenakan pemerintah kota terbuka akan keluhan masyarakat. Mulai dari pelaku usaha yang merugi akibat alat elektronik rusak hingga kebijakan PLN memutus listrik masyarakat jika pembayaran terlambat tanpa toleransi. 

“Sehingga perasaan yang sama juga masyarakat Kota Makassar tidak mau tahu alasan kenapa listrik tidak ada. Nah inilah hal-hal psikologi yang sudah menjadi gap antara PLN dengan masyarakat,” kata Danny dilansir dari laman resmi Pemkot Makassar, Selasa, 14 November 2023.

Pemkot kata Danny, menjadi mediator untuk menerangkan ke PLN mengenai dampak pemadaman yang selama ini terjadi. Banyak keluhan yang ditampung agar bisa didengarkan PLN. “Pemerintah kota berpotensi menjembatani di situ terutama bagaimana PLN bisa lebih dekat dengan masyarakat agar mereka paham,” kata Danny Pomanto.

Danny juga mengaku kaget dengan kondisi PLN saat ini karena minus kebutuhan listrik. Padahal katanya, selama ini, PLN Sulselrabar pernah dinobatkan surplus 400 MW sehingga capaian itu seringkali ia sampaikan di forum internasional. “Alangkah kagetnya saya ternyata dalam kondisi tertentu kita minus listrik bahkan pas-pasan. 

Menurutnya perlu ada manajemen proteksi terhadap daerahnya. Apalagi Kota Makassar mempunyai kontribusi 40 persen terhadap ekonomi Sulawesi Selatan. Struktur APBD Pemkot Makassar, menurutnya sangat sehat karena pendapatan dan belanja hampir seimbang. “Nah posisi seperti inikan kami cukup hopeless karena kami tidak punya otoritas sama sekali soal itu,” terangnya. 

GM PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin menjelaskan sampai saat ini, PLN tengah mengerahkan segala sumber daya untuk percepatan penguatan sistem kelistrikan. "Berbagai upaya terus dilakukan mulai dari Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) khususnya di daerah aliran sungai di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air," ujar Andy dikutip dari akun Instagram PLN UID Sulselrabar, Selasa. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross