Sejarah Hari Ini, 29 November: HUT Korps Pegawai Republik Indonesia

Publish by Redaksi on 29 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) adalah satu-satunya organisasi dan wadah berhimpun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan bagian integral dari Pemerintahan, didirikan tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keppres RI Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia.

Anggota Korpri terdiri dari Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan. Meski demikian, Korpri sering kali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan.

Selama Orde Baru, Korpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Logo Korps Pegawai Republik Indonesia diciptakan oleh seniman pelukis Aming Prayitno.

Aming Prayitno adalah pelukis kelahiran Surakarta 9 juni 1943. Ia dosen seni rupa di Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia atau kini berganti nama menjadi Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 

Kiprahnya membuat desain lambang Korpri berawal dari lomba pembuatan desain lambang Korpri pada tahun 1973. 

Korpri saat itu masih berusia dua tahun. Salah satu juri perlombaan tersebut adalah Koesnadi, seorang kritikus seni rupa Indonesia. 

Perlombaan desain lambang KORPRI dilakukan dua kali karena tidak menemukan lambang yang dirasa cocok sebagai lambang Korpri. 

Menteri Dalam Negeri saat itu, Amir Mahmud yang sekaligus menjadi ketua Korpri Pusat kemudian menghubungi beberapa pelukis dari Bandung dan Jakarta, juga menghubungi Aming Prayitno untuk turut mengikuti lomba desain lambang Korpri. 

Akhirnya, desain lambang yang Aming buatlah yang menjadi pilihan lambang Korpri hingga kini.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross