Ilustrasi, pengisian token listrik. (Foto: bengkuluekspress.disway.id).

Jangan Lupa! Begini Cara Cek Kompensasi Pelanggan Terdampak Pemadaman Bergilir PLN di Sulsel

Publish by Redaksi on 4 December 2023

NEWS, IDenesia.id - PT PLN (Persero) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) telah memastikan bahwa mereka akan memberikan kompensasi kepada para pelanggan yang terdampak pemadaman listrik bergilir selama berjam-jam. Sekitar 2,1 juta pelanggan di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat telah diproses PLN untuk diberikan kompensasi.

"Bagi pelanggan yang terdampak, PLN akan memberikan kompensasi berupa pengurangan pembayaran bagi pelanggan kWh pascabayar. Sedangkan bagi pelanggan kWh prabayar, PLN telah mentransfer kompensasi melalui penambahan kWh saat pembelian token," ujar General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin dalam keterangan yang diterima Senin, 4 Desember 2023.

Andy menjelaskan, bahwa bagi pelanggan pascabayar, kompensasi tersebut akan otomatis terlihat pada saat pembayaran tagihan. Sementara itu, pelanggan prabayar akan menerima token kompensasi saat pembelian token terbaru.

"Kompensasi dapat dicek di bagian paling bawah slip pembelian token. Pelanggan prabayar dapat memasukkan nomor token tersebut ke kWh meter mereka untuk mendapatkan penambahan kWh kompensasi," terangnya.

Dia juga menegaskan, para pelanggan yang telah membuang slip pembayaran tanpa melihat dan memasukkan token kompensasi juga tidak perlu khawatir. Mereka dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi PLN Mobile. Selanjutnya, nomor token tersebut dapat diinput pelanggan prabayar di kWh meternya untuk mendapatkan penambahan kWh kompensasi.

Seperti diketahui, sistem kelistrikan Sulbagsel sangat bergantung pada sumber listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), yang menyumbang 33 persen dari total pasokan listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) juga memerlukan pemeliharaan, sehingga manajemen beban perlu dilakukan.

"Kami upayakan dengan penambahan pembangkit yang saat ini sudah masuk 30 MW. Kemudian akan masuk lagi tambahan 50 MW pada akhir Desember 2023. Kami juga sedang melakukan percepatan penambahan pembangkit Inter Temporary Capacity di Punagaya sebesar 200 MW yang ditargetkan masuk sistem pada Maret 2024," lanjut Andy.

Berikut ini cara melakukan pengecekan kompensasi melalui Aplikasi PLN Mobile :

1. Buka Aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini dapat diunduh melalui AppStore dan Playstore

2. Klik layanan Kelistrikan pada Aplikasi PLN Mobile

3. Pilih Nomor ID pelanggan yang dimiliki

4. Pilih Riwayat Pembelian Token

5. Input Nomor Token kompensasi yang tertera pada struk pembelian token.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross