Ilustrasi. Banjir di Jalan Daeng Tata, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. (Isitimewa).

BPBD Serukan Warga Bawa Tas Siaga Saat Banjir Landa Makassar, Apa Fungsinya?

Publish by Redaksi on 5 December 2023

NEWS, IDenesia.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar kembali mengingatkan masyarakat waspada banjir saat memasuki musim hujan. Otoritas ini mengimbau supaya warga menyediakan satu tas khusus untuk dipersiapkan saat bencana hidrometeorologi menerjang Makassar. Perlengkapan itu disebut sebagai tas siaga. 

Kepala BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin menerangkan, tas siaga tersebut berfungsi untuk menyimpan pakaian dan dokumen penting lainnya. Begitu juga dengan obat-obatan bagi masyarakat yang meninggalkan rumah dan berada di lokasi pengungsian. 

“Tas siaga itu isinya pakaian, dokumen penting, senter, makanan, dan minuman untuk darurat, kemudian kotak P3K. dan tentu saja uang tunai dan harga benda yang bisa dibawa. Ini harus diedukasi kepada masyarakat supaya kesempatan yang kemungkinan akan terjadi ketika terjadi banjir mereka sudah siap, tidak panik lagi,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Desember 2023. 

Di Makassar kata Hendra, bencana yang paling rentan terjadi saat musim hujan adalah banjir. BPBD juga sudah memetakan empat wilayah yang dianggap masuk dalam kategori perhatian khusus saat musim hujan. Kawasan rawan banjir mencakup Kecamatan Manggala, Biringkanaya, Tamalanrea dan Panakukang. 

Keempat kecamatan ini memang setiap tahunnya kerap menjadi langganan banjir saat Makassar memasuki musim penghujan. Meski keempat kecamatan tersebut menjadi fokus utama, Hendra juga mengingatkan bahwa potensi banjir dapat terjadi di kecamatan lain. 

Masyarakat diingatkan untuk terus waspada. “Tapi ini tidak menutup kemungkinan di kecamatan lain, karena seperti pengalaman kita tanggal 13 Februari (2024) di awal tahun ini terjadi titik banjir biasanya titik tersebut bukan merupakan titik rawan sehingga kita perlu waspada,” Hendra menerangkan. 

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross