Hari pertama pendaftaran calon anggota KPPS di Makassar. (Foto: KPU Makassar).

Hari Pertama Pendaftaran KPPS di Makassar Warga Antusias, Ini yang Jadi Prioritas KPU 

Publish by Redaksi on 11 December 2023

NEWS, IDenesia.id - KPU Makassar mulai membuka pendaftaran calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hari ini, Senin, 11 Desember 2023. Proses pendaftaran akan berlangsung hingga 15 Desember mendatang. Hari pertama, pendaftar disebut sangat antusias untuk ikut dan tergabung sebagai penyelenggara Pemilu 2024. 

“Proses pembentukan KPPS ini sangat krusial karena KPPS lah yang akan melayani langsung pemilih di TPS dan melaksanakan proses pemungutan dan perhitungan suara tahap pertama di TPS,” kata Komisioner KPU Makassar Endang Sari dalam keterangan tertulisnya yang diterima jurnalis, Senin sore.

Untuk pelaksanaan pemilu mendatang, KPU Makassar membutuhkan sebanyak 28.028 orang KPPS. Dalam proses pendaftaran hingga seleksi kali ini, KPU berkomitmen untuk betul-betul menyaring calon yang dianggap punya kapabilitas dalam pelaksanaan teknis kepemiluan. KPU mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Hari pertama pendaftaran calon anggota KPPS di Makassar. (Foto: KPU Makassar).

 

“Kami tentu belajar dari evaluasi Pemilu 2019, dan kami berharap tidak ada lagi kejadian pilu yang terjadi seperti pada tahun 2019. Oleh karena itu kami benar-benar harus memastikan bahwa KPPS nantinya siap untuk bertugas di TPS. Isu kesehatan adalah hal yang paling penting karena yang akan bekerja di TPS ada 28.028 KPPS dan 8.008 petugas keamanan,” terang Endang Sari.

Isu kesehatan memang menjadi atensi KPU Makassar dalam proses perekrutan anggota KPPS untuk pemilu tahun depan. Karena kesehatan menjadi perhatian serius, maka pihak penyelenggara pemilu mesti betul-betul menyaring siapa saja orang yang dianggap tepat untuk bertugas. Apalagi kebanyak dari mereka lebih banyak di lapangan. 

“Kami berharap agar isu kesehatan ini juga menjadi perhatian khusus dari dinas terkait sebagai wujud dukungan terhadap pelaksanaan Pemilu 2024 khususnya di Kota Makassar. Besar harapan kami para pendaftar KPPS dimudahkan dan digratiskan serta dipastikan sehat dalam proses pemeriksaan yang dilakukan di Puskesmas-puskesmas yang ada di kota Makassar,” harap Endang menyudahi.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross