Petugas PLN saat mengecek kesiapan kondisi kelistrikan jelang momen Nataru. (Foto: PLN UID Sulselrabar).

Jelang Nataru 2024, PLN Sulselrabar Jamin Tidak Ada Pemadaman Listrik

Publish by Redaksi on 16 December 2023

NEWS, IDenesia.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) memberikan jaminan pasokan listrik tetap terjaga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Mereka berkomitmen untuk memastikan perayaan Nataru berjalan lancar tanpa adanya pemadaman listrik.

"Kami akan all out untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar perayaan natal, ibadah di gereja, dan tahun baru ini bisa berjalan tanpa adanya gangguan listrik," kata General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin dalam keterangannya, yang diterima Sabtu, 16 Desember 2023.

Andy mengatakan, PLN UID Sulselrabar bahkan telah menyiapkan tim siaga sebanyak 1.854 petugas yang tersebar dalam 71 posko untuk mengawal pasokan listrik di 126 titik gereja yang tersebar di Sulselrabar. Upaya ini dilakukan untuk menjaga kemeriahan perayaan Nataru 2024 mendatang.

Andy juga mengungkapkan bahwa berkat upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), hujan secara berlanjut turun di aliran sungai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). "Sudah satu minggu belakang pasokan listrik di sistem Sulawesi Bagian Selatan cukup dan tidak ada manajemen beban," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, tidak hanya mengandalkan cuaca yang mendukung, tetapi juga menyiagakan 33 Unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 89 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 126 unit genset. Di sisi operasional, 13 unit crane dan 377 kendaraan taktis juga telah disiagakan untuk mendukung kesiapan pasokan listrik saat Nataru 2024.

Andy juga mengumumkan bahwa pembangkit relokasi sebesar 50 MW telah tiba untuk memperkuat sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan, dan tambahan pembangkit berkapasitas 50 MW dijadwalkan tiba akhir Desember 2023. “Langkah-langkah ini, PLN UID Sulselrabar berupaya memastikan kelancaran pasokan listrik demi merayakan Natal dan Tahun Baru dengan meriah dan aman,” pungkasnya.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross