Ilustrasi, Hari Migran Internasional. (Foto: adoddle.org).

Sejarah Hari Ini, 18 Desember: Hari Migran Internasional

Publish by Redaksi on 18 December 2023

NEWS, IDenesia.id - Hari Migran Internasional adalah hari peringatan tahunan yang jatuh tiap tanggal 18 Desember. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dan tantangan yang dihadapi oleh para migran di seluruh dunia. 

Hari Migran Internasional disetujui pada tahun 2000 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keputusan untuk menetapkan hari ini diambil untuk menghormati Konvensi Internasional tentang perlindungan hak-hak semua pekerja migran dan anggota keluarga mereka, yang diadopsi oleh PBB pada tahun 1990.

Konvensi ini menetapkan hak-hak dasar bagi semua pekerja migran dan anggota keluarga mereka, termasuk hak untuk bekerja, hak untuk pendidikan, hak untuk kesehatan, dan hak untuk perlindungan dari diskriminasi. Kampanye ini untuk mempromosikan pemahaman dan toleransi terhadap para migran.

Menurut PBB, ada lebih dari 272 juta orang yang tinggal di luar negara asal mereka. Jumlah ini telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan diperkirakan akan terus meningkat di masa depan. Para migran menghadapi berbagai tantangan, termasuk diskriminasi, eksploitasi, dan kekerasan. 

Mereka sering kali kesulitan untuk mengakses layanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan. Hari Migran Internasional adalah kesempatan untuk menyoroti tantangan yang dihadapi oleh para migran dan untuk mempromosikan hak-hak asasi manusia bagi semua orang.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross