Seminar Parenting Talk yang digelar KB-TK Islam Al Izhar Cendekia Makassar di Mahoni Hall, Hotel Claro, Kota Makassar pada Sabtu 23 Desember 2023. (foto:IDenesiafile)

KB-TK Islam Al Izhar Cendekia Makassar Gelar Parenting Talk, Bahas Perkembangan Anak di Era Digital

Publish by Redaksi on 23 December 2023

NEWS, IDenesia.id - KB-TK Islam Al Izhar Cendekia Makassar menggelar kegiatan Assembly dan Family Gathering dirangkaikan dengan seminar Parenting Talk di Mahoni Hall, Hotel Claro, Kota Makassar pada Sabtu 23 Desember 2023. Sebanyak 53 peserta didik didampingi orang tua hadir di kegiatan tersebut.

“Hari ini adalah kegiatan Assembly dan Family Gathering, yang dirangkaikan dengan seminar Parenting, di mana hari ini menampilkan kegiatan terkait perkembangan Ananda selama satu semester sekolah di KB-TK Islam Al Izhar Cendekia Makassar,” kata Kepala Sekolah KB-TK Islam Al Izhar Husnul Aliah kepada IDenesia.id, Sabtu 23 Desember 2023.

Husnul Aliah mengatakan tujuan dari Parenting Talk sendiri sejatinya merupakan kegiatan yang dilakukan Sekolah KB-TK Islam Izhar Cendekia Makassar setiap tahunnya.

Namun kali ini imbuhnya, pihak sekolah fokus agar bagaimana ayah dan ibu para peserta didik bisa meningkatkan pengetahuan terkait pola asuh anak di era pesatnya perkembangan teknologi seperti saat ini.

"Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan, serta mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah," terangnya.

Dia menyebutkan, sebelumnya kegiatan parenting dilaksanakan di sekolah sebelum pandemi Covid-19. Namun, kali ini, kegiatan tersebut diadakan di hotel dan dirangkaikan dengan kegiatan silaturahmi dengan orang tua siswa.

(foto:IDenesiafile)

"Ini menjadi yang pertama kalinya kita lakukan setelah pandemi Covid-19. Setiap tahun ajaran, kami selalu mengadakan kegiatan Assembly dan Family Gathering sekaligus seminar Parenting," tambahnya.

Sementara itu, Psikolog dan Pemerhati Anak, Titin Florentina, juga ikut memberikan pandangan terkait tantangan pengasuhan anak di era digital. Menurutnya, orang tua harus mulai beradaptasi tentang pentingnya orang tua untuk memahami perubahan cepat teknologi dalam mendidik anak.

“Dikaitkan dengan era digital, mau tidak mau bunda saat ini kita memang harus berhadapan dalam situasi di era digital. Dunia dengan teknologi bahkan sampai dikatakan bahwa dunia seakan terlipat, mudah sekali kita mau ke mana-mana saja mau melihat dunia apapun di dunia lain,” kata Titin Florentina saat menjadi pembicara di Parenting Talk yang mengusung tema, “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak di Era Digital.”

"Anak-anak harus dilatih untuk beradaptasi dengan era digital, memahami tantangan, dan melihat manfaat positifnya sebagai sumber informasi," lanjutnya.

Dia melanjutkan , dengan seminar Parenting Talk ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam kepada orang tua tentang bagaimana mengasuh anak di tengah kemajuan teknologi digital yang begitu pesat.

“Ketika berbicara era digital kita tidak hanya bisa melihat hanya dari faktor negatifnya saja tapi tentu ada manfaatnya juga. Nah manfaatnya teknologi yang harus kita pahami tentunya sebagai sumber informasi bagi kita dan si buah hati,” pungkasnya.

Penulis: Alfiandis

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross