Ilustrasi jam tangan mewah merk Rolex (Foto: Leon Neal/Getty Images)

Jangan Asal, Simak Tips Ini Sebelum Membeli Jam Tangan

Publish by Redaksi on 30 December 2023

NEWS, IDenesia.id - Jam tangan merupakan benda yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai fashion statement hingga menentukan value lainnya seperti strata sosial seseorang. Karenanya, banyak sekali pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli jam tangan.

Nah, dilansir IDenesia dari laman Jamtangan.com, Sabtu, 30 Desember 2023, berikut merupakan tips membeli jam tangan yang sesuai untuk Anda.

 

1. Sesuaikan budget

Tak bisa disangkal, budget merupakan hal yang penting sekali Anda perhatikan sebelum membeli sebuah jam tangan. Sebaiknya, tentukan sejumlah budget untuk dihabiskan sehingga Anda bisa mempersempit pilihan di range harga tersebut sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan selera Anda dalam membeli jam tangan.

 

2. Sesuaikan ukuran

Tidak semua model dan ukuran jam tangan cocok untuk semua orang. Sebelum memutuskan membeli sebuah jam tangan, Anda harus mengukur pergelangan tangan yang nantinya akan menggunakan jam tangan tersebut.

Pergelangan tangan dengan lingkar berukuran 16 cm hingga 18 cm sebaiknya menggunakan jam tangan dengan diameter 35 hingga 43 mm. Nah, jika lingkar pergelangan tanganmu dibawah 16 cm maka sebaiknya gunakan jam tangan berdiameter kurang dari 35 mm.

Sedangkan, bagi pemilik lingkar pergelangan tangan diatas 18 cm, gunakanlah jam tangan berdiameter 40 mm ke atas.

 

3. Sesuaikan kebutuhan

Terdapat beberapa jenis jam tangan sesuai dengan fungsinya, antara lain jam tangan cantik yang cocok digunakan dalam suasana formal, jam tangan kasual dan sport yang cocok untuk penggunaan sehari-hari, dan jam tangan professional dengan fungsi tertentu seperti jam tangan selam, jam tangan militer, jam tangan outdoor, dan sebagainya.

Idealnya, pahami dulu jenis-jenis jam tangan sesuai fungsinya, tentukan kebutuhan Anda, barulah kemudian putuskan jam tangan pilihan Anda.

 

4. Perhatikan material jam

Jangan lupa untuk memperhatikan bahan case dan strap jam tangan pilihan Anda. Jam tangan berbahan resin maupun rubber seperti G-Shcok cocok bagi Anda yang ingin jam tangan yang ringan. Jika ingin jam tangan dengan kesan classy, pilih yang berbahan stainless steel atau leather.

Adapun, bahan titanium cocok bagi Anda yang ingin jam tangan logam ringan, anti alergi, serta kuat.

 

5. Perhatikan mesin jam

Ada dua jenis jam jika didasarkan pada mesinnya, antara lain mechanical base movement, dan quartz base movement. Keduanya juga memiliki jenis turunan lainnya dan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pelajari dahulu jenis mesin pada jam tangan incaran sebelum Anda membelinya agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan tahu cara terbaik merawatnya.

6. Berkonsultasi dengan ahli

Karena harganya cenderung tidak murah, tidak ada salahnya untuk meriset terlebih dahulu jam tangan incaran Anda dengan googling atau menanyai seseorang yang lebih ahli soal jam tangan.

Hal ini akan membuat Anda lebih memahami seluk beluk jam tangan dan pastinya akan berguna bagi Anda dalam memilih jam tangan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross