PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (Foto: Humas Pemprov Sulsel).

Dana KUR Naik Jadi Rp30 Triliun, Pemprov Sulsel Alokasikan untuk Ini

Publish by Redaksi on 3 January 2024

NEWS, IDenesai.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Sulsel menyiapkan Rp30 triliun dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) di tahun 2024. Dana KUR yang lebih besar tersebut secara khusus akan difokuskan pada sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

Hal itu disampaikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat silaturahmi dengan Pj Bupati dan Forkopimda Jeneponto, di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Jeneponto pada Selasa, 2 Januari 2024.

"Tahun ini kita siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel. Selama ini hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR," kata Bahtiar Baharuddinyang dilansir IDenesia.id dari laman resmi Pemprov Sulsel pada Rabu, 3 Januari 2024.

Bahtiar mengungkapkan alokasi dana KUR yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, memiliki tujuan konkret untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Berdasarkan perencanaan kami, tahun ini kita siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel. Selama ini hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR," ujarnya.

Bahtiar menjelaskan rincian alokasi dana KUR untuk sektor pertanian, di mana budidaya pisang cavendish mendapatkan dukungan sebesar Rp100 juta per hektarenya. Sementara untuk budidaya cabai dan bawang merah, penerima KUR akan mendapatkan sokongan dana sebesar Rp80 juta per hektare.

Tidak hanya itu, sektor perikanan juga menjadi perhatian utama dengan disiapkannya dana KUR untuk infrastruktur seperti rumah ikan atau rumpon. Selain itu, tersedia juga dana KUR makro bagi pelaku usaha dengan skala di bawah Rp10 juta.

"Mauki tanam pisang ada Rp100 juta per hektare, mau tanam cabai Rp80 juta per hektare, mau tanam bawang ada Rp80 juta per hektare. Tidak bisa kita main-main soal masyarakat, kita harus manfaatkan ini semua untuk masyarakat," ujarnya.

Hal ini dilakukan demi mendorong masyarakat Sulsel untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan optimal. Sehingga, melalui pemanfaatan dana KUR tersebut, lahan-lahan tidur dapat dihidupkan kembali dan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

"Ekonomi masyarakat kita bisa kita ubah dengan memaksimalkan pemanfaatan dana KUR ini. Jeneponto akan menjadi yang terbaik jika memanfaatkan ini, karena memiliki lahan yang sangat luas," pungkasnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross