Sejarah Hari Ini, 28 Januari; Hari Kusta Internasional

Publish by Redaksi on 28 January 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Kusta Sedunia atau World Leprosy Day diperingati pada hari Minggu terakhir di bulan Januari setiap tahunnya.

Peringatan hari ini ertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit yang diyakini banyak orang telah punah, terutama di negara-negara maju. 

Disadur IDenesia dari National Today, Minggu 28 Januari 2024, hari ini bertujuan untuk tidak hanya mengedukasi masyarakat tentang penyakit ini, tetapi juga untuk menarik perhatian mereka yang terkena penyakit ini.

Penyakit ini juga disebut penyakit Hansen, diambil dari nama dokter Norwegia Gerhard Henrik Armauer Hansen, yang dikenal karena mengidentifikasi bakteri yang menyebabkan Kusta.

Untuk menciptakan kesadaran tentang penyakit ini, terutama konsekuensi sosial ekonominya, seorang filantropis Perancis, Raoul Follereau, menetapkan Hari Kusta Sedunia pada tahun 1954. 

Di India, hari ini diperingati pada tanggal 30 Januari - ulang tahun kematian dari rasul perdamaian dunia, Mahatma Gandhi, untuk menghormati belas kasihnya yang tak tergoyahkan bagi orang-orang yang menderita penyakit ini.

Meskipun saat ini mudah disembuhkan dan jarang terjadi di negara-negara maju, seperti AS, penyakit ini dikelilingi oleh stigma. Hal ini berlaku terutama di India, Brasil, dan Indonesia, di mana jumlah kasus terbanyak ditemukan. 

Orang yang terinfeksi sering didiskriminasi dan dikucilkan, yang menyebabkan kurangnya akses ke perawatan medis yang tepat, pengobatan, dan bahkan penolakan hak asasi manusia.

Hari Kusta Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kusta sehingga mereka dapat mencari pengobatan dan menjalani kehidupan yang bermartabat.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross