DP3A Makassar Ajak Masyarakat gunakan hak pilih (foto: DP3A Makassar)

DP3A dan KPU Makassar Ajak Masyarakat Tidak Golput di Pemilu

Publish by Redaksi on 29 January 2024

NEWS, IDenesia.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengajak seluruh warga Kota Makassar untuk aktif menyalurkan dan menggunakan hak pilihnya pada Februari 2024. Hal itu untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Tim sosialisasi gabungan DP3A Kota Makassar dan KPU Kota Makassar melakukan orasi untuk menghimbau masyarakat aktif menyalurkan hak pilih pada pemilu 2024. Kegiatan ini juga melibatkan jejaring organisasi/lembaga masyarakat yang peduli terhadap perempuan dan anak, penggiat demokrasi, shelter warga, serta Forum Anak Makassar.

Kepala DP3A Makassar, Achi Soleman, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Makassar agar pada Pemilihan umum nantinya untuk menggunakanhak pilihnya.

"Mengajak masyarakat menyalurkan hak pilihnya dengan bebas tanpa ada intimidasi atau paksaan," katanya, melalui rilis yang diterima IDenesia.id, Senin 29 Januari 2024.

Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat untuk menolak politik uang (Money Politic) pada calon/tim/partai peserta Pemilu, serta berani melaporkan kecurangan politik uang.

"Mengajak kaum perempuan untuk berpartisipasi aktif dan berani menyuarakan hak politiknya sebagai bentuk keberdayaan," harapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk Berani SpeakUP pada lembaga layanan perlindungan perempuan dan anak, jika mengalami atau mengetahui adanya tindak kekerasan berbasis gender.

"Mengajak masyarakat dan calon/tim/partai peserta Pemilu agar tidak mengikutsertakan anak pada kegiatan kampanye pemilu yang tidak memiliki hak pilih sebagai bentuk kelangsungan perlindungan anak. "jagai anakta"," ujarnya.

Selain ajakan untuk menggunakan hak pilih, juga dilakukan pembagian brosur kepada masyarakat tentang pentingnya memilih, brosur tentang layanan perlindungan perempuan dan anak (UPTD PPA), pelibatan Badut/Maskot KPU, serta disiapkan layanan konsultasi bagi warga tentang Pemilu, layanan konsultasi hukum, maupun layanan konseling oleh psikolog UPTD PPA Kota Makassar.

Harapan dari Pemerintah melalui Dinas PPPA Kota Makassar kegiatan ini dapat mendorong adanya tambahan pengetahuan bagi masyarakat Makassar tentang layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta pengetahuan pentingnya menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2024.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross