Sejarah Hari Ini, 31 Januari: Hari Zebra Internasional

Publish by Redaksi on 31 January 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Zebra Internasional atau International Zebra Day diperingati setiap tahun pada tanggal 31 Januari. 

Dengan semakin berkurangnya lingkungan alami mereka dan meningkatnya perkembangan manusia, zebra berada dalam bahaya. Ketika habitatnya terancam, hewan-hewan ini pun terancam punah. 

Hari Zebra Internasional adalah tentang meningkatkan kesadaran dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu konservasi hewan ini. 

Disadur IDenesia dari National Today, Rabu 31 Januari 2024, saat ini, ada tiga jenis zebra yang dapat ditemukan di alam liar. Mereka adalah zebra Grévy, zebra dataran, dan zebra gunung.

Meskipun zebra Grévy's, ditemukan di wilayah utara Kenya dan sangat langka, mereka adalah jenis yang terancam punah karena telah kehilangan lebih dari 54% dari total populasinya. 

Kehilangan ini terjadi dengan cepat dalam tiga dekade terakhir karena zebra diburu untuk diambil kulit dan bulunya.

Zebra ditemukan di Savana Afrika di mana habitat alami mereka telah dilestarikan dengan baik dan tidak semua zebra terancam punah. Dua subspesies zebra lainnya tidak terlalu terancam punah dibandingkan dengan zebra Grevy. 

Zebra dataran berkembang pesat dan tidak menghadapi ancaman kepunahan. Zebra gunung hidup di Afrika Selatan, Angola, dan Namibia.

Selain bahaya perburuan liar, zebra ini juga berada dalam bahaya dari penduduk setempat yang mungkin memburu mereka untuk diambil dagingnya saat situasi sulit. Zebra telah berjuang melawan banyak masalah terkait pelestarian populasi mereka.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross