Ilustrasi KTP. (Foto: Disdukcapil Kabupaten Sikka).

983 Pemilih Pemula di Sinjai Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Publish by Redaksi on 5 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai terus memaksimalkan perekaman KTP Elektronik. Pasalnya saat ini ada sebanyak 983 orang pemilh pemula yang belum melakukan perekaman.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sinjai, Arham Pasrah, mengatakan bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan perekaman pemilih pemula pihaknya melakukan kordinasi dengan sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai.

"Hal ini untuk mewujudkan agar dokumen kependudukan siswa-siswi bisa terpenuhi," katanya, yang dilansir dari laman resmi Pemkab Sinjai, Senin, 5 Februari 2024.

Ia juga mengatakan, dengan koordinasi ini diharapkan kepada kepala sekolah SMA sederajat agar lebih giat dan sinergitas mengarahkan peserta didiknya untuk melakukan perekaman.

Agar setiap pemilih pemula di Kabupaten Sinjai bisa melakukan perekaman maka pihaknya menyiapkan dua tempat perekaman e-KTP.

Hal itu untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan secara efisien dan efektif perekaman KTP elektronik, kedua tempat itu yakni di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan ruang pelayanan back office Disdukcapil Sinjai.

"Dengan hal ini, diharapkan semua pemilih pemula, baik anak sekolah maupun anak tidak sekolah bisa melakukan perekaman dan tervalidasi data sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang adminsitrasi kependudukan," ujarnya.

Menurut Arham, pihaknya telah melakukan penguatan koordinasi di kecamatan dan sekolah-sekolah untuk segera melaksanakan perekaman sebagai wujud masyarakat tertib administrasi kependudukan.

Bahkan, telah melakukan perekaman langsung bagi warga binaan pemasyarakatan di Rutan kelas II B Sinjai, disabilitas dan warga yang sakit sebagai upaya dukcapil Sinjai dalam pelayanan.

Sekedar informasi, hingga pekan pertama Februari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sinjai mencatat ada sebanyak 938 jiwa pemilih pemula yang belum melakukan perekaman administrasi kependudukan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross