Dampak kebakaran hutan di Chili, 3 Februari 2024. (foto:REUTERS/Sofia Yanjari)

Kebakaran Hutan Tewaskan 112 Orang, Chile Umumkan Hari Berkabung Nasional

Publish by Redaksi on 5 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Petugas pemadam kebakaran di Chile tengah pada Minggu waktu setempat berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan dahsyat yang sejauh ini telah menewaskan 112 orang dan menghanguskan seluruh lingkungan. Presiden Chile, Gabriel Boric memperingatkan bahwa negara itu menghadapi "tragedi yang sangat besar".

Ratusan orang masih hilang, kata pihak berwenang yang disadur IDenesia dari laman Reuters, Senin 5 Februari 2024, memicu kekhawatiran jumlah korban tewas akan terus bertambah karena lebih banyak mayat ditemukan di lereng bukit dan rumah-rumah yang hancur akibat kebakaran hutan.

Kebakaran yang terjadi pada hari Jumat lalu itu, kini mengancam tepi luar Vina del Mar dan Valparaiso, dua kota pesisir yang populer di kalangan wisatawan.

Luasnya wilayah perkotaan di kota-kota tersebut menyumbang lebih dari satu juta penduduk di sebelah barat ibu kota Santiago.

Rekaman drone yang direkam oleh Reuters di kawasan Vina del Mar menunjukkan seluruh lingkungan hangus, dan warga mengobrak-abrik rumah-rumah yang terbakar dimana atap besi bergelombang telah runtuh. Di jalanan, mobil-mobil hangus berserakan di jalan.

"Anginnya sangat kencang, panasnya menyengat. Tidak ada waktu istirahat. Orang-orang berpencar ke mana-mana," kata Pedro Quezada, seorang pembangun lokal di wilayah Valparaiso, berdiri di tengah puing-puing rumahnya yang hancur.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan kebakaran di lereng bukit yang terjadi di dekat blok apartemen di kawasan Valparaiso, mengeluarkan asap ke udara. Kabut tebal menyelimuti wilayah perkotaan lainnya, mengganggu jarak pandang.

Pihak berwenang Chili telah memberlakukan jam malam pada pukul 9 malam di daerah yang paling parah terkena dampaknya dan mengirimkan militer untuk membantu petugas pemadam kebakaran membendung penyebaran api, sementara helikopter membuang air untuk mencoba memadamkan api dari udara.

Legal Medical Service Chile, petugas koroner negara bagian, mengatakan 112 orang tewas dalam kebakaran tersebut. Jumlah korban tewas mencapai 51 pada hari Sabtu.

Sebelumnya pada hari yang sama, Boric, yang mengumumkan dua hari berkabung nasional yang dimulai pada hari Senin, mengatakan Chile harus bersiap menghadapi lebih banyak berita buruk.

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri Manuel Monsalve pada hari Minggu mengatakan 165 kebakaran terjadi di seluruh Chile dan diperkirakan sekitar 14.000 rumah rusak di wilayah Vina del Mar dan Quilpué saja.

 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross