Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse (Foto: Humas Unismuh Makassar)

Unismuh Raih Akreditasi Unggul, Fakultas Kedokteran Dapat Pengakuan Internasional

Publish by Redaksi on 14 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Universitas Muhammadiyah Makassar meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse, bahwa capaian Unismuh Makassar pada masa kepemimpinannya merupakan kerja keras semua pihak.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para wakil rektor, pimpinan Badan Penjaminan Mutu dan Badan Perencanaan Unismuh.

Prof Ambo Asse juga mengapresiasi pimpinan Biro dan Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, Pimpinan Prodi, serta semua unit kerja yang ada dalam ruang lingkup Unismuh Makassar.

“Tugas saya hanya bicara. Selebihnya tugas pembantu rektor. Jadi selain saya, semuanya pembantu rektor, termasuk security, pembantu rektor di bidang keamanan,” katanya, dilansir dari laman resmi Unismuh Makassar, Rabu, 14 Februari 2024.

Ia menyebut, pencapaian akreditasi Unggul Unismuh tidak lepas dari deretan prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

Ia menyebut beberapa contoh prestasi, mulai dari deretan prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik. Selanjutnya, Ambo Asse menyinggung capaian akreditasi prodi yang ada di Unismuh.

“Alhamdulillah, 11 prodi terakreditasi Unggul, 9 terakreditasi A, 20 prodi terakreditasi Baik Sekali dan B, selebihnya terakreditasi Baik,” ungkap Rektor Unismuh Makassar periode 2020-2024 itu.

Bukan hanya akreditasi nasional, lanjutnya, beberapa prodi juga telah meraih akreditasi internasional. “Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter telah terakreditasi internasional ASIIN,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, standar mutu pendidikan Unismuh telah mendapatkan pengakuan internasional, dengan pencapaian sertifikasi ISO 21001:2018 bagi 59 unit kerja yang ada di Unismuh.

Capaian monumental lainnya, pencapaian Akreditasi A untuk Perpustakaan Unismuh, dan akreditasi paripurna untuk Klinik Unismuh Medical Center (UMC).

Jadi, kata Ambo Asse, capaian akreditasi Unggul sebenarnya, merupakan kelanjutan dari berbagai pencapaian sebelumnya.

Ke depan, Unismuh akan mempersiapkan diri untuk menghadapi akreditasi Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Unismuh Makassar.

“Rumah sakit kita telah beroperasi sejak November 2023, sudah cukup banyak pasien yang datang. Namun untuk memperluas jangkauan pasien, kita akan bekerja sama dengan BPJS, syaratnya Rumah Sakit kita harus terakreditasi,” katanya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross