Jurgen Klinsmann (foto:KFA)

Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan Didesak Pecat Pelatih Jurgen Klinsmann

Publish by Redaksi on 15 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Komite Penasihat Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) merekomendasikan pemecatan pelatih kepala Jurgen Klinsmann pada hari Kamis 15 Februari 2024 setelah mereka tersingkir di semifinal Piala Asia dan di tengah kritik terhadap kepemimpinannya.

Komite Tim Nasional tidak membuat keputusan administratif, sehingga menyerahkan kepada Dewan Eksekutif KFA apakah akan bertindak berdasarkan rekomendasinya untuk memecat Klinsmann, yang kontraknya akan berakhir hingga Piala Dunia 2026.

Korea Selatan, peringkat 23 dalam peringkat FIFA, dikalahkan oleh peringkat 87 Yordania dengan skor 2-0 di semifinal Piala Asia awal bulan ini.

Kekalahan ini mendorong para penggemar dan beberapa politisi menyerukan pemecatan pelatih berusia 59 tahun itu.

Disadur IDenesia dari ESPN, Kamis 15 Februari 2024, popularitas Jurgen Klinsmann di Korea anjlok selama turnamen, dan banyak yang mengkritik sikapnya, termasuk bagaimana ia tetap tersenyum bahkan ketika keadaan tidak berjalan sesuai keinginan timnya di lapangan.

Klinsmann mengambil alih kursi kepelatihan Timnas Korea Selatan tahun lalu setelah Paulo Bento mengundurkan diri menyusul kekalahan mereka dari Brasil di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Masa jabatan Klinsmann dimulai dengan awal yang sulit, dengan Korea Selatan gagal memenangkan satu pun dari lima pertandingan pertamanya sebagai pelatih, kalah dari Uruguay dan Peru dan bermain imbang dengan Kolombia , El Salvador, dan Wales.

Performa Korea Selatan meningkat menjelang Piala Asia dengan enam kemenangan berturut-turut, dan meski jauh dari yang terbaik di Qatar, penampilan mereka membaik setelah tersingkir di perempat final edisi 2019 dengan mencapai empat besar.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross