Pemungutan Suara Ulang di Pemilu 2024 (Foto: kebumenekspres.com).

4 TPS di Palopo Bakal Lakukan Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024, Tekankan Hal Ini

Publish by Redaksi on 19 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo, Sulawesi Selatan bakal melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. KPU Palopo pun meminta agar keamanan dan pelayanan kesehatan saat pelaksanaan PSU ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Palopo, Irwandi Djumadin saat mengadakan rapat koordinasi terkait surat Bawaslu Kota Palopo Nomor 020/KA.02/K.SN.B/02/2024, perihal rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kantor KPU, Jalan Pemuda, Palopo pada Sabtu, 17 Februari 2024, malam. 

"Kami tentu membutuhkan support dari stakeholder utamanya keamanan dan pendampingan pelayanan kesehatan kepada penyelenggara kami di lapangan," kata Irwandi Djumadin dilansir IDenesia.id dari laman resmi Pemkot Palopo, Senin, 19 Februari 2024.

Empat TPS yang melakukan PSU antara lain, TPS 2 Kelurahan Mungkajang, Kecamatan Mungkajang, kemudian TPS 14 Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara. TPS 15 Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara dan TPS 15 Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara.

Hanya saja, Irwandi menegaskan belum menetapkan jadwal pasti pemungutan suara ulang akan dilakukan. Sebab pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait perihal kesiapan logistik dari KPU Sulsel.

"Untuk tanggal pelaksanaan PSU ini, kami belum bisa memastikan. Saat ini sementara berkoordinasi terkait kapan kesiapan logistik dengan KPU Provinsi," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Kota Palopo, Drs. Ruslan, menyatakan siap mendukung dan memberikan support kepada KPU terkait PSU sesuai arahan Pj. Wali Kota Palopo. Termasuk tim pelayanan kesehatan yang langsung dikoordinasikan dengan dinas terkait.

“Kami siap mendukung dan menyiapkan tempat yang representatif. Intinya, kita siap memback-up. Kita akan koordinasikan hal ini kepada Dinas Kesehatan, agar pendampingan pelayanan kesehatan utamanya bagi penyelenggara itu dilakukan," ujarnya.

Senanda dengan hal itu, Kanit Politik Polres Palopo, Aiptu Masdar, mengaku telah dilakukan penambahan personel pengamanan di tingkat kecamatan serta kedatangan personel Brimob untuk membantu mengamankan proses PSU. 

"Saat ini ada penambahan 146 personel di seluruh kecamatan yang ada di Kota Palopo. Ini untuk mengamankan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan," ujar Masdar.

Diharapkan dengan dukungan dari berbagai pihak, pelaksanaan PSU di empat TPS tersebut dapat berjalan lancar dan transparan sesuai dengan prinsip demokrasi yang dijunjung tinggi.

"Kita siap untuk membantu mengamankan PSU ini. Kami juga sudah memetakan kerawanan di setiap wilayah yang akan melaksanakan PSU ini. Intinya, kami siap memback-up seluruh rangkaian kegiatan dari teman-teman KPU," tegasnya.

Adapun TPS yang akan menggelar PSU yakni:

  • TPS 2 Kelurahan Mungkajang, Kecamatan Mungkajang: PSU 1 surat suara yakni, Presiden & Wakil Presiden.
  • TPS 14 Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara: PSU seluruh surat suara yakni, Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kota.
  • TPS 15 Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara: PSU 4 surat suara yakni, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kota.
  • TPS 15 Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara: PSU 1 surat suara yakni Presiden & Wakil Presiden.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross