Pemeran Karakter Hagrid, Robbie Coltrane Meninggal Dunia (Instagram @harrypotterfim).

Pemeran Karakter Hagrid, Robbie Coltrane, Dalam Film Harry Potter Meninggal Dunia di Usia Ke-72

Publish by Redaksi on 15 October 2022

NEWS, IDenesia.id – Salah satu karekter yang melekat dalam waralaba film Harry Potter adalah sosok Hagrid yang diperankan oleh Robbie Coltrane. Selain lewat film Harry Potter, Ia juga menjadi dikenal banyak orang melalui perannya dalam serial kriminal “Cracker”.

Aktor Robbie Coltrane yang memulai karirnya sejak tahun 1983, melalui agenya Belinda Wright, menginformasikan kalau sang actor telah menghembuskan nafas terakhirnya dalam usianya yang ke 72 tahun di salah satu rumah sakit dekat Falkirk, Skotlandia pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 waktu setempat.

"Bagi saya pribadi, saya akan mengingatnya sebagai klien yang setia," kata Wright dalam pernyataannya dilansir E! News, Sabtu 15 Oktober 2022.

Wright melihat sosok Coltrane sebagai aktor yang punya talenta unik. Sebagai Hagrid pun, kata Wright, Coltrane membawakan keceriaan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

"Selain sebagai aktor yang luar biasa, dia secara forensik cerdas, sangat cerdas, dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya," tambahnya.

Coltrane meninggal dengan damai ditemani oleh saudara, ibu, dan kedua anaknya. Wright pun meminta privasi bagi keluarga Coltrane selama proses pemakaman berlangsung. Ucapan duka cita pun bergelimang dari aktor kenamaan di Harry Potter. Daniel Radcliffe mengakui tidak bisa melupakan sosok hangat dari Coltrane.

"Saya memiliki kenangan khusus dengan semangatnya saat kami menggarap film Prisoner of Azkaban. Ketika syuting terhenti lama karena hujan deras, Hagrid menghibur kami dengan cerita lucunya," kenang Daniel.

"Saya sangat beruntung bisa mengenalnya dan bekerja dengannya. Sangat sedih kini dia telah tiada, dia adalah aktor yang hebat dan pria yang sangat ramah," kata Daniel.

Pemilik nama asli Anthony Robert McMillan ini lahir di Rutherglen, 30 Maret 1950. Selain Harry Potter, Robbie Coltrane dikenal pula karena perannya sebagai Valentin Zukovsky dalam film James Bond Golden Eye pada 1995. Awal kariernya dimulai dari penampilan di acara-acara televisi seperti "Flash Gordon", "Blackadder", dan "Keep It in the Family".

Di televisi, ia bersama Emma Thompson membintangi mini-seri BBC pemenang BAFTA "Tutti Frutti" pada 1987.

Dia menjadi terkenal dan memenangkan lebih banyak penghargaan untuk perannya sebagai psikolog kriminal Dr Eddie "Fitz" Fitzgerald dalam serial ITV "Cracker" (1993-2006). Dia juga merupakan penulis dan leksikografer Inggris Samuel Johnson dalam serial komedi TV "Blackadder the Third" bersama bintang "Mr Bean" Rowan Atkinson dan Hugh Laurie ("House").

Di layar lebar, Coltrane berperan dalam drama kriminal Neil Jordan 1987 "Mona Lisa" dan bekerja sama dengan mantan bintang Monty Python Eric Idle dalam komedi 1990 "Nuns on the Run".

Namun dia akan dikenang secara global sebagai Rubeus Hagrid, penjaga binatang setengah raksasa setengah manusia dan Sekolah Penjaga Kunci dan Dasar Hogwarts dalam waralaba film buku terlaris Harry Potter karya JK Rowling.

Pemeran Karakter Hagrid, Robbie Coltrane Meninggal Dunia (Instagram @harrypotterfim)

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross