Ilustrasi polusi (Foto: katadata.co.id)

Jasa Raharja Catat 1,9 Juta Kendaraan Jadi Penyebab Utama Polusi di Makassar

Publish by Redaksi on 21 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Jasa Raharja mencatat sebanyak 1,9 juta kendaraan menjadi penyumbang terbesar polusi udara di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Untuk mengatasi masalah ini, Jasa Raharja Cabang Sulsel bersama Dinas Perhubungan Kota Makassar merencanakan langkah-langkah untuk meningkatkan transportasi publik dan infrastruktur pendukung lainnya demi menekan populasi di Makassar.

Muhammad Sabir, Kepala Sub Bagian Iuran Wajib, menyatakan prioritas utama yakni penerapan transportasi publik, termasuk penggunaan kendaraan beremisi rendah. Sebab dengan jumlah penduduk Kota Makassar yang hanya 1,6 juta, polusi udara yang signifikan.

“Kita memprioritaskan transportasi publik yang harus segera diimplementasi diantaranya, penggunaan kendaraan low carbon,” kata  Kepala Sub Bagian Iuran Wajib, Muhammad Sabir dilansir IDenesia.id dari akun instagram jasaraharja_sulawesiselatan pada Rabu, 21 Februari 2024.

Sabir juga menekankan perlunya upaya untuk mengendalikan jumlah kendaraan di jalan, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan aturan lalu lintas, serta mengawasi parkir di tepi jalan. Termasuk pentingnya keterlibatan petugas kecamatan dalam mengawasi pasar, lahan parkir, dan penyelenggaraan Car Free Day (CFD) yang lebih mengutamakan kegiatan olahraga daripada kegiatan perdagangan.

“Pengendalian kendaraan yang parkir di pinggir jalan, keterlibatan petugas Kecamatan dalam melakukan pengawasan pasar, lahan parkir dan penyelenggaraan CFD yang ramah warga olahraga bukan ramah pedagang,” 

Sementara itu Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, M. Iqbal Hasanuddin juga mengimbau kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat untuk selalu memperhatikan keselamatan berkendara. Dia menegaskan pentingnya sinergi antara semua pihak terkait dalam membangun lingkungan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.

“Penting sinergitas antara pemangku kepentingan, khususnya instansi terkait, harus terus dijaga dan ditingkatkan, dalam membangun situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar,” tegasnya.

Sebelumnya, Muhammad Sabir bersama dengan Rachmat Maulana P, Kepala Sub Bagian Administrasi Santunan, mewakili PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan dalam acara yang diadakan oleh Dinas Perhubungan Kota Makassar dengan tema "Perencanaan Transportasi Publik dan Dukungan Sarana Prasarana Transportasi Kota Makassar". Acara tersebut berlangsung di Hotel Swiss-Belinn, Jalan Boulevard No.55, Panakukang, Makassar pada 20 Februari 2024.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross