ilustrasi kriminalitas (Foto: iSock)

Program Studi Kriminologi Segera Dibuka di Unhas

Publish by Redaksi on 29 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Program Studi Kriminologi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar disetujui untuk dibuka. Hal itu setelah Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas menyelenggarakan rapat terbatas.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Budu, mengatakan bahwa Prodi S2 Kriminologi merupakan program studi multidisiplin dengan kajian ilmu hukum, sosiologi, dan kedokteran forensik serta psikologi.

Dirinya menuturkan, pembentukan prodi ini sejalan dengan jumlah peminat dan kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi, saat ini hanya dua perguruan tinggi Indonesia yang memiliki program studi serupa.

“Keunggulan prodi ini di Unhas karena kajian kriminologi ini dikaji secara interdisipliner yang melibatkan tiga fakultas berbeda," katanya, dari rilis yang diterima IDenesia.id, Kamis, 29 Februari 2024.

Jika prodi ini telah disetujui untuk dibuka, terdapat potensi besar untuk pengembangan double/combined degree dengan Departemen Forensik dan Medicolegal, Fakultas Kedokteran Unhas.

"Olehnya itu, kami mengharapkan agar prodi ini bisa hadir di Unhas,” jelasnya.

Jika diberikan kesempatan membuka prodi, maka Sekolah Pascasarjana Unhas akan mengakomodasi berbagai skema pembelajaran mulai kelas regular, kelas khusus (untuk lembaga kepolisian dan kejaksaan), maupun pembelajaran secara hybrid.

Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Prof. Alimuddin Unde, dalam arahannya menekankan secara umum prodi baru yang dibuka seyogyanya memiliki perencanaan dan perhitungan terhadap aspek keuangan yang cermat.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk membiayai pengelolaan dan pengembangan prodi termasuk pengembangan sarana dan prasarana pendukung serta sumber daya manusia.

“Unhas sangat apresiasi upaya strategis sekolah pascasarjana dalam mendorong pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui ketersedian Program Studi Kriminologi,” jelasnya.

Setelah pemaparan singkat mengenai kesiapan pembukaan prodi. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta pembahasan mendalam terkait kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada masa mendatang mengenai prodi yang akan dibuka.

Akhirnya setelah mendengarkan saran dan masukan serta pendapat dari seluruh peserta rapat, maka diputuskan untuk memberikan persetujuan pembukaan Prodi Magister Kriminologi pada Sekolah Pascasarjana Unhas.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross