Wujudkan Tata Kelola Akuntabel, Pemkab Sinjai Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Online

Publish by Redaksi on 7 March 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah (LPOD) melaksanakan bimbing teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan desa berbasis online pada aplikasi Siskeudes.

Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, menyampaikan bahwa salah satu indikator penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik adalah terwujudnya tata kelola keuangan desa.

Sehingga katanya, aplikasi Siskeudes diharapkan bisa memudahkan aparat desa dalam pengelolaan keuangan di desa. Agar lebih optimal, juga sebagai alat kendali atau tolok ukur akuntabilitas.

"Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban berbasis aplikasi," katanya, dilansir IDenesia.id dari laman resmi Pemkab Sinjai, Kamis, 7 Maret 2024.

Ia juga mengatakan, dengan pelaksanaan bimtek tersebut diharapkan dapat menjawab tuntutan dan permasalahan penyelengaraan pemerintahan desa, khususnya keterbatasan kemampuan dan keterampilan teknis sumber daya aparatur desa dalam implementasi aplikasi Siskeudes online.

"Di mana tahun ini baru akan dilaksanakan khususnya di Kabupaten Sinjai, dalam mendukung penyelenggaraan tugas pemerintah desa pada pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel," harapnya.

Lebih lanjut, T.R sapaan akrabnya meminta kepada seluruh peserta agar bimtek ini dapat diikuti dengan baik untuk peningkatan kapasitas pemerintah desa khususnya.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber dengan seksama khusus kepada lembaga penyelenggara agar betul betul melaksanakan kegiatan bimtek ini sesuai dengan tujuannya," ujarnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross