Garis Polisi Masih Terpasang Di Area Kebakaran JIC. (Foto : detik.com).

Pasca Kebakaran Masjid Islamic Center, Begini Kondisinya Sekarang Garis Polisi Masih Terpasang

Publish by Redaksi on 20 October 2022

NEWS, IDenesia.id – Pasca kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center Terbakar, garis polisi terlihat masih terpasang di sepanjang area masjid JIC yang kubahnya terbakar. Sekuriti JIC juga terlihat masih berjaga di sekitar lokasi kebakaran. Polisi rencananya menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran hari ini.

Kebakaran kubah Masjid JIC terjadi pada Rabu 19 Oktober 2022 kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB. Kebakaran itu menyebabkan kubah masjid ambruk. Dan beruntung tidak ada korban jiwa saat kebakaran terjadi.

Semantara itu Polres Metro Jakarta Utara langsung menyelidiki penyebab kebakaran di kubah Masjid Jakarta Islamic Center hingga kubah itu runtuh dilalap api, Rabu siang kemarin pukul 15.00, 19 Oktober 2022. Kepala Satuan Intelkam Polres Metro Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Polisi Slamet Wibisono Yanto mengatakan percikan api diduga terjadi pada saat ada renovasi atap.

"Berawal dari empat orang saksi sebagai pekerja dari PT Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Center. Renovasi tersebut menggunakan bahan triplek yang pada saat ingin memasang triplek atap Kubah Masjid tersebut para saksi melelehkan membran (aspal gulung) untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Oktober 2022.

Slamet menduga percikan dari alat bakar mengenai glaswool hingga timbul api. Saksi berupaya memadamkan menggunakan APAR, namun api makin membesar hingga membakar kubah sampai runtuh.

Sementara itu Kepala Subdivisi Pengkajian Jakarta Islamic Center (JIC) Paimun Karim mengungkap kubah Masjid Raya ambruk dengan cepat, hanya setengah jam setelah terbakar pukul 15.15.

"Cepatnya kubah runtuh juga mungkin disebabkan beban 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton," kata Paimun dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 20 Oktober 2022, seperti dikutip Antara.

Kubah Masjid Raya JIC itu ambruk ke lantai dua. Puing-puing kubah bahkan ada yang jatuh ke lantai satu masjid.

Paimun menceritakan kebakaran kubah utama masjid terjadi selepas salat Asar. Api pertama kali muncul di sisi barat kubah. Namun, tiupan angin yang cukup kencang membuat api dengan cepat menjalar ke seluruh kubah.

Saat meninjau insiden kebakaran itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkap ada pengerjaan las sebelum kubah terbakar. Namun penyebab pasti kebakaran itu masih diselidiki Polres Metro Jakarta Utara.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross