Sejarah Hari Ini, 19 Maret: Hari Pekerjaan Sosial Sedunia

Publish by Redaksi on 19 March 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Pekerjaan Sosial Sedunia atau World Social Work Day diperingati setiap tahun pada hari Selasa ketiga di bulan Maret. Hari ini merupakan hari untuk menghargai kerja keras dan ketekunan para pekerja sosial. 

Pada hari ini, organisasi pekerja sosial dunia mengadvokasi keadilan sosial, hak asasi manusia, dan pembangunan sosial sambil mempromosikan praktik-praktik terbaik dalam pekerjaan sosial. 

Pekerja sosial memiliki banyak peran di masyarakat. Mereka menilai kebutuhan dan tantangan klien dan masyarakat. Sebagai advokat, mereka berbicara untuk klien mereka, memberi mereka akses ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kehidupan mereka, dan mendidik orang tentang apa yang harus dilakukan dalam krisis. Pekerja sosial juga menanggapi krisis.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Selasa 19 Maret 2024, Federasi Pekerja Sosial Internasional (I.F.S.W.) mempromosikan Hari Pekerjaan Sosial Sedunia. 

Sejak tahun 1983, Federasi ini, sebuah organisasi pekerja sosial internasional non-pemerintah, telah bekerja sama dengan organisasi-organisasi lain untuk membantu kerja sama internasional dan mengakui pencapaian dan kontribusi pekerja sosial secara global. 

Setiap tahun, organisasi ini berfokus pada sebuah tema. Tahun ini, seperti dilansir situs IFSW, peringatan Hari Pekerja Sosial Sedunia 2024 mengusung tema ‘Masa Depan Bersama untuk Perubahan Transformatif'.

National Association of Social Workers (N.A.S.W.) adalah organisasi keanggotaan terbesar untuk pekerja sosial profesional di seluruh dunia. 

Platform N.A.S.W. mendorong pertumbuhan dan perkembangan profesional para anggotanya untuk menciptakan dan mempertahankan standar profesional pekerja sosial dan memajukan kebijakan sosial yang baik. 

I.F.S.W. adalah badan global untuk profesi ini. Federasi dan anggotanya yang terdaftar berjuang untuk keadilan sosial, hak asasi manusia, dan pembangunan sosial yang inklusif dan berkelanjutan dengan mempromosikan pekerjaan sosial. Mereka juga mempromosikan praktik berkelanjutan dan keterlibatan dalam kerja sama internasional.

Hari Pekerjaan Sosial Sedunia menegakkan gagasan bahwa kita semua terhubung, dan masa depan kita bergantung pada keterlibatan setiap orang dalam membangun masa depan yang adil secara sosial. 

Siapapun dapat bergabung dalam Hari Pekerjaan Sosial Sedunia, termasuk pekerja sosial, organisasi mitra, dan mereka yang peduli dengan masa depan untuk mengubah dunia kita menjadi lebih baik.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross