Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare (Foto: Redaksi IDenesia.id).

Markas PSM Makassar Masuk Daftar 20 Stadion yang Disiapkan Gunakan VAR di Liga 1

Publish by IDenesia on 26 March 2024

NEWS, IDenesia.id - PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus melakukan persiapan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di sejumlah Stadion Indonesia pada kompetisi Liga 1. Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare yang selama ini menjadi markas PSM Makassar masuk daftar 20 stadion yang bakal dipasangi VAR.

Hal itu ditetapkan setelah PT LIB melakukan rapat koordinasi bersama PSSI dan PUPR terkait penerapan VAR di Liga 1 di salah satu hotel di Tangerang Selatan, Benten, pada 18 Maret hingga 22 Maret 2024. 

"Koordinasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua stadion yang akan digunakan untuk pertandingan BRI Liga 1 siap dengan prasarana instalasi VAR," kata Asep,” kata Direktur operasional PT LIB Asep Saputra dilansir IDenesia.id dari laman resmi PT LIB pada Selasa, 26 Maret 2024.

Asep juga mengutarakan, koordinasi ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan penggunaan VAR di Liga 1 musim depan. Dia berharap dengan adanya VAR, kualitas pertandingan di kompetisi Indonesia bisa semakin meningkat.

"VAR ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Dengan VAR, pertandingan akan semakin fair dan menarik untuk ditonton," kata Asep Saputra.

PSM Makassar menghadapi Madura United di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare. (Foto: Tim MO PSM Makassar).

Selain itu lanjut Asep, dalam rapat tersebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait fasilitas yang harus tersedia di setiap stadion guna mendukung penggunaan VAR di Liga 1. Termasuk dalam hal kebutuhan broadcast ke depan.

"Lebih dari itu, kami juga berkoordinasi dan membahas secara detail untuk penyediaan fasilitas pendukung yang ada kaitannya dengan kebutuhan broadcast secara keseluruhan," tambahnya.

Diketahui, koordinasi ini diikuti oleh perwakilan dari Kementerian PUPR, PSSI, LIB, tim perencana masing-masing stadion dan tim penyedia jasa konstruksi. Dalam kegiatan ini, para peserta membahas berbagai hal terkait dengan penyediaan prasarana instalasi VAR seperti spesifikasi teknis prasarana instalasi VAR, pembuatan tempat untuk camera platform, dan penentuan lokasi RRA (Referee Review Area).

Tak hanya itu, pembahasan juga dilakukan seputar penentuan ruangan di stadion-stadion tersebut dalam kebutuhan operasional pertandingan, operasional media dan dari sisi infotainment.

Berikut daftar 20 stadion masuk dalam penerapan VAR di Liga 1 musim depan: 

    1. Stadion Utama Sumatera Utara
    2. Stadion Teladan Medan
    3. Stadion Surajaya
    4. Stadion Kanjuruhan
    5. Stadion Harapan Bangsa
    6. Stadion Gelora Joko Samudro
    7. Stadion Bumi Sriwijaya
    8. Stadion BJ Habibie, Parepare
    9. Stadion Pakansari
    10. Stadion Patriot Chandrabhaga
    11. Stadion Gelora Delta Sidoarjo
    12. Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan
    13. Stadion Gelora Bandung Lautan Api
    14. Stadion Maguwoharjo
    15. Stadion Indomilk Arena
    16. Stadion Demang Lehman
    17. Stadion Gelora Bumi Kartini
    18. Stadion Jatidiri
    19. Stadion Wibawa Mukti
    20. Stadion Segiri.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross