Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (Foto: IG 1troussier).

Apes! Pelatih Vietnam Troussier Dipecat Usai 3 Kali Kalah dari Indonesia

Publish by IDenesia on 27 March 2024

NEWS, IDenesia.id - Nasib sial dialami pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier setelah dibantai Timnas Indonesia 3 gol tanpa balas pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hasil tersebut membuat Troussier dipecat dari kursi kepelatihan Timnas Vietnam usai tiga kali secara beruntun dikalahkan Garuda Senior. 

Pertandingan yang berlangsung di Hy Dinh, Hanoi pada Selasa 26 Maret 2024. Timnas Indonesia mampu memetik kemenangan dengan skor 3-0 melalui gol Jay Idzes di menit 9, Ragnar Oratmangoen 23, dan gol penutup Ramadan Sananta di menit  98.

Hasil ini membuat pelatih asal Prancis ini memperpanjang rekor kekalahan atas Indonesia tiga kali secara beruntun. Pertama Timnas Indonesia menang di babak penyisihan Piala Asia 2023 dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Timnas Indonesia dicetak Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik putih. 

Kemudian di  pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis, 21 Maret lalu. Kini giliran Egy Maulana Vikri yang membawa Garuda Senior menaklukkan Vietnam. 

Dari catatan buruk tersebut, federasi sepak bola Vietnam VFF memutus kerja sama dengan Troussier. Kesepakatan tersebut diperoleh setelah laga Vietnam melawan Indonesia. 

"Segera setelah pertandingan kedua antara Vietnam melawan Indonesia, pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia, Federasi Sepak Bola Vietnam dan Philippe Troussier bertemu dan membahas proses kerja sebagai pelatih kepala timnas Vietnam dan Vietnam U23, tulis Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) yang dilansir IDenesia.id dari laman resminya pada Rabu, 27 Maret 2024.

"Dalam pertemuan tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," imbuhnya.

Di sisi lain, ini kali kedua Troussier kehilangan jabatan pelatih kepala saat kalah dari Indonesia. Sebelumnya, dirinya dipecat sebagai pelatih Qatar setelah kalah 1-2 dari Timnas Indonesia. 

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia untuk sementara waktu berada di posisi 2 klasemen Grup F dengan 7 poin, berada di bawah Irak yang sudah memastikan melangkah ke round tiga Kualifikasi Piala Dunia dengan 12 poin. Sedangkan Vietnam menempati peringkat 3 dengan 3 poin.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross