Rishi Sunak (Foto: AFP/Daniel Leal).

Rishi Sunak Terpilih Menjadi PM Inggris Yang Baru, Dan Yang Termuda Dalam 200 Tahun Sejarah Inggris 

Publish by Redaksi on 25 October 2022

NEWS, IDenesia.id -  Akhirnya Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya setelah ia memenangi pemilihan ketua Partai Konservatif yang berkuasa Senin 24 Oktober 2022 dan otomatis akan menjadi perdana menteri, menggantikan Liz Truss yang mundur Sunak, salah satu politisi terkaya di Westminster, akan menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan.

Pria berusia 42 tahun itu juga merupakan pemimpin kulit berwarna pertama di negara itu dan termuda dalam 200 tahun. Sunak Dia direncanakan akan diundang oleh Raja Charles III untuk diminta membentuk pemerintahan, menggantikan Liz Truss yang megundurkan diri dan hanya menjabat selama 44 hari.

Audiensi ini biasa dilakukan sebelum perdana menteri menjabat secara resmi. Acara itu dijadwalkan berlangsung pada hari Selasa 25 Oktober 2022. Berdasarkan mekanisme pemilihan partai, calon ketua harus didukung sekurang-kurangnya 100 anggota parlemen dari Konservatif. Sunak mengantongi dukungan jauh melebihi batas minimal.

Kemenangan Sunak, yang berusia 42 tahun, dipastikan pada hari Senin 24 Oktober 2022 setelah saingan satu-satunya, Penny Mordaunt mundur dari kontestasi. Sejak awal pencalonan Sunak terus mendapat dukungan dari kolega-koleganya di Partai Konservatif. Disadur IDenesia.id dari laman channelnewsasia.com.

Sunak mengalahkan politisi sentris Penny Mordaunt, yang gagal mendapatkan cukup dukungan dari anggota parlemen untuk memasuki pemungutan suara, sementara saingannya, mantan perdana menteri Boris Johnson, mengundurkan diri dari pemilihan. "Keputusan ini adalah keputusan bersejarah dan menunjukkan, keragaman dan bakat partai kami, dan Rishi mendapat dukungan penuh saya." kata Mordaunt dalam sebuah pernyataan saat dia mengundurkan diri dari pemilihan hanya beberapa menit sebelum pemenang diumumkan.

Rishi Sunak otomatis menggantikan Liz Truss dan menjadi pria Inggris keturunan Asia pertama yang memimpin negara tersebut. Tapi di tengah krisis ekonomi dan kekacauan partai, mengapa masih ada orang yang ingin menjadi perdana menteri?.

Perdana menteri Inggris mendapatkan fasilitas rumah bergaya Georgian yang mewah di tengah London, ratusan staf, perjalanan pribadi, dan bercakap-cakap dengan Raja setiap pekan. Posisi ini juga berarti orang tersebut punya kesempatan melakukan hal-hal baik dan memperbaiki kehidupan banyak orang. Dan apapun yang terjadi, perdana menteri akan menorehkan nama dalam sejarah.

Di daftar teratas permasalahan yang harus segera diselesaikan oleh perdana menteri baru Inggris adalah permasalahan ekonomi yang sedang mendera negara itu. Inggris sedang meluncur ke garis kemiskinan dan publik merasakan itu atau seperti yang dikatakan oleh seorang menteri di kabinet, "Kita punya masalah yang sama seperti sebelumnya dan ditambah dengan krisis ekonomi."

Kekacauan yang diciptakan oleh pemerintahan Liz Truss yang hanya seumur jagung telah membuat Partai Konservatif  atau Tory  bagian dari masalah itu. Keputusan-keputusannya, yang kemudian dengan cepat dibatalkan, telah menjadikan Inggris diperlakukan dengan brutal di berbagai bursa keuangan.

Akan ada lebih banyak keluarga dan pengusaha yang hidup lebih susah dan banyak dari mereka akan menyalahkan Tory atas kesulitan keuangan yang menghadang nanti. Sunak akan punya lebih sedikit dana untuk dialokasikan ke kepentingan umum.

Badan kesehatan Inggris, NHS, telah kehabisan uang, begitu pun banyak sektor jasa untuk lansia dan orang-orang dengan disabilitas. Sektor pendidikan kesusahan mengejar ketertinggalan setelah Covid. Sektor transportasi melemah, ada pula masalah dengan pembangunan rumah-rumah.

Belum lagi tantangan perubahan iklim dan ketersediaan energi. Daftar masalah ini bisa terus bertambah panjang. Ada alasan mengapa Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengatakan akan ada "keputusan-keputusan sulit". Pemotongan akan terjadi, dan bukan hanya karena tingkat inflasi sedang tinggi-tingginya.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross