Ilustrasi buah rambutan (Foto: Google Images)

Ini Dia Manfaat Luar Biasa Buah Rambutan, Cocok Jadi Skincare Anti Aging!

Publish by IDenesia on 13 April 2024

NEWS, IDenesia.id - Ternyata, buah rambutan juga memiliki manfaat yang tak kalah hebat untuk merawat kulit Anda.

Disebut para ahli sebagai pengganti retinol, buah khas Asia Tenggara ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat yang juga aman digunakan sehari-hari. 

Lantas apa saja manfaat rambutan sebagai skincare? Berikut keterangan dari dokter kulit Brendan Camp, MD, Aanand Geria, MD, dan Carl Thornfeldt, MD yang disadur IDenesia dari laman Byrdie, Sabtu, 13 April 2024:

 

  1. Kaya antioksidan dan zat anti aging

Menariknya, bagian-bagian buah rambutan mulai dari kulit, daging buah, hingga bijinya, disebut para ahli memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai paparan yang memicu tanda-tanda penuaan.

Rambutan juga diketahui dapat mengontrol pergantian sel dan memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan di wajah, menjadikan buah ini dapat difungsikan sebagai agen anti-aging alami.

 

  1. Mampu meningkatkan produksi kolagen

Selain antioksidan, buah rambutan juga kaya akan kandungan vitamin C. Keduanya sama-sama berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

 

  1. Mencerahkan kulit

Rambutan mampu mengunci kelembapan ke dalam kulit dan bertindak sebagai hidrator, sehingga kulit Anda pun menjadi lebih sehat dan bercahaya serta tentunya senantiasa terhidrasi dengan baik.

 

Efek samping penggunaan rambutan sebagai skincare

Setiap produk perawatan kulit tentunya berpotensi menjadi penyebab iritasi kulit, baik membuat kulit menjadi kering, merah, hingga pengelupasan. Adapun, kandungan dalam rambutan tergolong ringan dan aman digunakan untuk kulit sensitif.

"Rambutan umumnya dianggap lebih lembut daripada retinol dan kecil kemungkinannya untuk menyebabkan efek samping yang sama. Sangat cocok untuk kulit dewasa, dan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan tidak dapat mentolerir retinol dengan baik, dan untuk mencegah perubahan kulit yang berkaitan dengan usia," terang dokter kulit Brendan Camp, MD.

Dalam penggunaannya, rambutan dapat dipakai hingga dua kali setiap harinya. Meski begitu, para ahli tetap merekomendasikan untuk melakukan uji coba lebih lanjut terhadap produk baru dengan kandungan apapun, termasuk rambutan, yang meskipun ringan tetapi juga bisa jadi memiliki potensi bereaksi negatif, utamanya pada kulit wajah yang sensitif.

Meskipun belum banyak ditemukan sebagai kandungan dalam brand skincare di drugstore terdekat, Anda bisa menjadwalkan masker rambutan DIY maupun konsumsi rambutan secara rutin untuk mendapatkan sejumlah manfaat yang telah dijelaskan tadi.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross