Timnas Indonesia U-23 di babak perempatfinal Piala Asia U-23 melawan Korea Selatan (Foto: Web PSSI)

Ini 2 Tim Juara Jadi Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Publish by IDenesia on 26 April 2024

NEWS, IDenesia.id - Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan. Pasukan Merah Putih pun tinggal menunggu pemenang Uzbekistan vs Arab Saudi. 

Pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat 26 April 2024, dini hari WIB.  Indonesia menang 11-10 lewat babak adu penalti setelah laga berakhir imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu berakhir.  

Dua gol Indonesia di laga ini diborong Rafael Struick. Sementara, Korsel membalas melalui gol bunuh diri Komang Teguh dan sepakan Jeong Sang-bin.  

Kini tim asuhan Shin Tae-yong menunggu Uzbekistan atau Arab Saudi bakal menjadi lawan Indonesia di semifinal Piala Asia U23 2024. Laga Uzbekistan vs Arab Saudi akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April, pukul 22.00 WITA. 

Jika dilihat sejarah perjalanan kedua negara tersebut, tentu Uzbekistan dan Arab Saudi lebih berpengalaman dari Indonesia yang baru melakoni debut di Piala Asia U23.  Bahkan, kedua kesebelasan ini tercatat dalam daftar juara Piala Asia U23. 

Uzbekistan menjadi kampiun pada edisi 2018 setelah menang 2-1 atas Vietnam. 

Selain itu, Uzbekistan dan Arab Saudi juga merupakan finalis Piala Asia U23 2022. Namun di laga tersebut, Arab Saudi keluar sebagai jawara setelah menang 2-0 dari Uzbekistan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bangga dengan keberhasilan timnas U23 Indonesia. Ia berharap Garuda Muda bisa terbang lebih tinggi dan mencapai final Piala Asia U23 2024.  

Bagi Erick, Garuda Muda layak dinobatkan sebagai pencetak sejarah baru sepakbola Indonesia karena mampu membawa nama harum bangsa. Apalagi perjuangan ini diraih lewat drama penambahan waktu dan adu pinalti.

"Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Yang Kuasa, dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh timnas yang bermain sangat luar biasa dan terus menciptakan sejarah bagi sepakbola Indonesia,” ucap Erick Thohir yang dilansir IDenesia.id dari laman resmi PSSI, Jumat 26 April 2024. 

“Generasi emas pesepakbola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih," tegasnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross