Timnas Australia Piala Dunia Qatar. (Foto : Instagram @footballaus).

Jelang Piala Dunia, Pemain Timnas Australia Menyebut Qatar Sebagai Pelanggar Hak Asasi Manusia

Publish by Redaksi on 27 October 2022

NEWS, IDenesia.id - Tim nasional sepak bola Australia berbicara menentang rekor Qatar terkait hak asasi manusia dan hubungan sesama jenis dalam sebuah video yang dirilis pada Kamis (27 Oktober), menambah kritik terhadap negara tersebut dalam beberapa minggu menjelang turnamen.

Qatar, negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, mendapat tekanan internasional yang kuat atas perlakuannya terhadap pekerja asing dan undang-undang sosial yang membatasi. Disadur IDenesia.id dari laman channelnewsasia.com.

Video tersebut, menampilkan beberapa pemain yang menyampaikan pesan baris demi baris, menyebutkan kerugian bagi lebih dari 1,6 juta pekerja migran Qatar dan status hubungan sesama jenis, yang ilegal di negara teluk konservatif. "Kami telah belajar bahwa keputusan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia di Qatar telah mengakibatkan penderitaan dan kerugian yang tak terhitung dari rekan kerja kami," kata gelandang Jackson Irvine.

"Sebagai pemain, kami sepenuhnya mendukung hak-hak orang LGBTI+, tetapi di Qatar orang tidak bebas untuk mencintai orang yang mereka pilih," kata sesama gelandang Denis Genreau. Penguasa Qatar Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani pada hari Selasa mengatakan sementara beberapa kritik konstruktif, itu juga termasuk fabrikasi dan standar ganda. Socceroos mengakui reformasi sampai saat ini tetapi menyerukan lebih banyak termasuk pusat sumber daya migran, pemulihan bagi mereka yang ditolak haknya dan dekriminalisasi semua hubungan sesama jenis.

Sebuah pernyataan terpisah dari Football Australia, badan sepak bola puncak, pada hari Kamis mengakui reformasi tetapi mengatakan permainan telah dikaitkan "dengan penderitaan bagi beberapa pekerja migran dan keluarga mereka." Kegelisahan atas catatan hak asasi manusia negara itu telah menyebabkan seruan bagi tim dan ofisial untuk memboikot pertandingan tersebut.

Pemerintah Belanda pekan lalu mengkonfirmasi akan mengirim delegasi meskipun pemungutan suara parlemen mendesaknya untuk tidak melakukannya. Para pemain menyatakan dukungan untuk FIFPRO, serikat pekerja untuk pesepakbola profesional, serta kelompok pekerja Building and Woodworkers International dan International Trade Union Confederation. Australia akan bermain melawan Prancis, Denmark dan Tunisia setelah Piala Dunia dimulai pada 20 November.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross