Ilustrasi

Tidak Perlu Beli TV Digital, Set Top Box Untuk Tv Analog Bisa Untuk Siaran Digital, Begini Cara Pasangnya

Publish by Redaksi on 3 November 2022

NEWS, IDenesia.id - Sejak 2 November 2022 kemarin sebanyak 514 daerah termasuk Sulawesi selatan, telah melaksanakan penghentian TV analog atau analog switch off (ASO). Melalui ASO, masyarakat kini dapat menikmati tayangan melalui siaran TV digital dengan gambar dan suara lebih bening.

Tanpa perlu membeli TV digital, pemilik TV analog hanya perlu menambahkan perangkat Set Top Box (STB) yang mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2). seperti dilansir laman resmi Siaran Digital, Kamis 3 November 2022, pastikan untuk membeli perangkat STB yang tersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar terjamin aman dan dapat digunakan di Indonesia.

Dilansir dari laman Kompas.com, Rabu (3/11/2022), berikut langkah-langkah pemasangan STB ke TV analog agar dapat menonton siaran digital: Siapkan STB dan TV analog. Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog. Pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati.

Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog. Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama "ANT IN" dan tersedia di bagian punggung STB. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.

Jika TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih. Pastikan STB telah terhubung dengan daya dan nyalakan STB serta TV analog.

Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV. Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Jika daftar saluran siaran digital telah muncul, pilih opsi simpan, dan Anda bisa segera menikmati siaran digital di TV analog.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross