Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat berkunjung ke Pulau Barang Lompo (Foto: Web Pemkot Makassar).

Diskominfo Kota Makassar Uji Coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo

Publish by IDenesia on 13 July 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kota Makassar menunjukkan komitmennya dalam menyediakan layanan internet merata di wilayah kepulauan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pelayanan secara digital kepada masyarakat di daerah terpencil.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, secara langsung meninjau proses uji coba layanan internet berbasis satelit ini pada Jumat, 12 Juli 2024. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemkot Makassar mulai melakukan uji coba pemasangan jaringan internet Starlink di Pulau Barrang Lompo.

 “Dengan dilakukannya uji coba ini kita berharap semua urusan layanan yang dilakukan secara digital bisa diselesaikan lewat fasilitas internet ini,” kata Danny Pomanto.

Danny menjelaskan alasan menggunakan Starlink adalah karena lebih efektif, cepat, dan kuat dalam menangkap jaringan internet. Dia berharap, pemerataan akses jaringan internet di wilayah kepulauan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar. 

“Manfaatkan ini untuk mencerdaskan anak-anak kita,” ungkapnya.

Danny Pomanto juga mengimbau warga untuk bijak menggunakan akses internet ini, dan tidak menyalahgunakannya untuk kegiatan yang merugikan seperti judi online.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Makassar, Ismawaty Nur, menambahkan uji coba ini dilakukan untuk memastikan koneksi jaringan internet berbasis satelit di Pulau Barrang Lompo. 

“Hari ini kita mulai uji coba pemasangan Starlink, dan tadi kecepatannya sempat mencapai 150 mbps,” kata Ismawaty.

Hanya saja lanjut Ismawaty, uji coba ini bersifat sementara, untuk mengecek kecepatan jaringan dan melihat kendala yang mungkin dihadapi saat menggunakan jaringan internet Starlink di wilayah kepulauan. 

“Kendala yang dihadapi antara lain listrik dan mencari letak ideal. Kondisi cuaca juga memengaruhi kecepatan jaringan karena ini berbasis satelit,” tutup Ismawaty.

Pemkot Makassar berencana memasang jaringan internet Starlink di sepuluh titik. Diharapkan, jaringan internet ini juga dapat mengoptimalkan CCTV yang ada di setiap lorong untuk menekan aksi kriminalitas di Kota Makassar.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross