Suasa pasar murah yang digelar Pemkot Parepare (Foto: Istimewa).

11 Bahan Pokok Dijual di Pasar Murah Pemkot Parepare, Segini Harganya

Publish by IDenesia on 22 July 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pasar murah untuk menekan inflasi dan harga bahan pokok. Sebanyak 15 tenant menyediakan beragam kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Pasar murah ini berlangsung di pelataran Masjid Islamic Center, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, pada Senin, 22 Juli 2024. Sebanyak 11 pangan strategis seperti beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng tersedia.

"Pasar murah ini merupakan tindak lanjut dari surat Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel untuk menggelar kegiatan ini pada periode Juli 2024," ujar Kepala Bidang Ketersediaan, Kerawanan, dan Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare, Abdul Wahid dalam keterangannya yang diterima IDenesia, Senin 22 Juli 2024.

Abdul Wahid menjelaskan, harga-harga yang ditawarkan cukup kompetitif, seperti beras 5 kilogram seharga Rp 57 ribu, telur Rp 45 ribu per rak, dan minyak goreng Rp 14 ribu per liter. Hal ini diharap bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok murah dengan harga terjangkau.

"Agar masyarakat bisa menjangkau harga dan juga menjaga ketersediaan bahan pokok tetap terjaga untuk menekan inflasi agar harga di pasar itu bisa kita imbangi," jelasnya.

Sementara itu, Camat Ujung, Yusuf Azis mengatakan, kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Dengan adanya pasar murah ini, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau," ujarnya.

Seperti diketahui, pasar murah ini juga melibatkan pelaku UMKM lokal untuk menyediakan produk olahan dengan harga kompetitif. Pemerintah berharap kegiatan ini dapat membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dan akan dilaksanakan di beberapa lokasi di setiap kelurahan.

Berikut daftar harga bahan pokok di pasar murah Pemkot Parepare:

  • Beras Medium: Rp 57 ribu / 5 kilogram
  • Cabai Rawit: Rp 48 ribu per kilogram
  • Bawang Merah: Rp 25 ribu per kilogram
  • Bawang Putih: Rp 38 ribu per kilogram
  • Telur: Rp 45 ribu per rak
  • Daging Ayam: Rp 100 ribu / 3 ekor
  • Minyak Goreng: Rp 14 ribu per lite

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross