Hamzah Haz (Foto: X)

Wapres ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia, Indonesia Berduka

Publish by Redaksi on 24 July 2024

NEWS, IDenesia.id--Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia Rabu, 24 Juli 2024. Hamzah Haz menghembuskan napas terakhirnya Rabu pagi di kediamannya pada usia 84 tahun.

Berpulangnya Hamzah Haz yang merupakan wapres di era Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri meninggalkan duka mendalam bagi Indonesia. Ucapan belasungkawa dan doa pun tak berhenti mengalir sejak pagi hingga malam setelah Hamzah Haz dikebumikan di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hamzah Haz yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat pada 15 Februari 1940 dimakamkan di sebelah makam istrinya di samping Masjid Al-Ikhlas yang didirikannya.

“Kepergian Bapak Hamzah Haz adalah kehilangan besar bagi kita semua. Namun, kami yakin bahwa warisan Beliau akan terus hidup dan bermanfaat untuk Indonesia,” kata Ketua DPR RI, Puan Maharani seperti dilansir IDenesia dari situs resmi DPR RI, Rabu, 24 Juli 2024.

Menurut Puan, Hamzah Haz adalah sosok negarawan paripurna yang mewakafkan dirinya untuk bangsa dan negara.

“Duka mendalam seluruh bangsa Indonesia mengiringi kepergian Beliau, selamat jalan Pak Hamzah Haz,” ucap Puan.

Presiden Joko Widodo kepada wartawan di rumah duka di Matraman, Jakarta Timur menngatakan  Hamzah Haz adalah negarawan yang telah mengabdikan diri dengan baik bagi bangsa negara.

"Atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," kata Jokowi.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi lewat X partainya menyerukan semua kader mereka menggelar salat gaib dan tahlil. Seperti diketahui, Hamzah Haz merupakan Ketua Umum PPP antara 1998-2007.

"Kami menginstruksikan kepada kader PPP seluruh Indonesia untuk menggelar salat gaib dan tahlil untuk Almarhum Pak Hamzah Haz sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kami kepada Almarhum," katanya.

Organisasi Islam Muhammadiyah juga menyampaikan duka mendalamnya. "Pimpinan Pusat Muhammadiyah sampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Hamzah Haz, Wakil Presiden RI ke-9. Semoga alm husnul khatimah," demikian unggahan PP Muhammadiyah di X.

Selain menjadi wakil presiden pada 2001 hingga 2004 dan memimpin PPP, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross