Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto meresmikan tugu ikan yang terbuat dari kanalpot brong (Foto: Web Pemkot Makassar).

5 Ribu Knalpot Brong Sitaan Polrestabes Makassar Disulap Jadi Tugu Ikan

Publish by IDenesia on 31 July 2024

NEWS, IDenesia.id - Sebuah tugu ikan yang terbuat dari knalpot brong diresmikan Wali Kota (Walkot) Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Tugu ikan yang terbuat dari 5 ribu knalpot brong itu merupakan hasil sitaan Polrestabes Makassar. 

Moh Ramdhan Pomanto bersama Kapolrestabes Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib meresmikan Tugu Ikan Knalpot Brong di Jl AP Pettarani, Flyover, Rabu, 31 Juli 2024.

"Inisiasi Kapolrestabes luar biasa bahwa tidak selalu pesan ajak dan larangan dibuat naratif. Melainkan dibuat seni yang menarik perhatian, justru memberikan dampak lebih besar dari pendekatan narasi,” ujar Danny Pomanto dilansir IDenesia dari laman Pemkot Makassar, Rabu, 31 Juli 2024.

Selain itu lanjut Danny, kepemimpinan Kombes Ngajib juga dinilai kreatif lantaran memanfaatkan barang tak bernilai menjadi memiliki nilai. Sebab memiliki inisiatif mengubah sampah menjadi barang yang bernilai.

“Tugu ini sesuatu yang luar biasa. Hal yang jadi sampah jadi bernilai. Itulah hakikat kepemimpinan yang cerdas,” kata Danny Pomanto.

Di samping itu, bentuknya juga ikan yang bertanda mensupport Kota Makan Enak. Pula memiliki semangat Kota Rendah Karbon sebagaimana yang dicanangkan Kota Makassar.

“Maknanya ada seni, low carbon, re-use dengan semangat kota rendah karbon. Jadi ini asli ekspresi khas Makassar,” ujar Danny memuji.

Dia berharap ini menjadi legacy untuk mengajak masyarakat tertib lalu lintas juga amal jariyah bagi semua.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib mengatakan knalpot tidak sesuai spesifikasi adalah suatu pelanggaran yang menonjol, tidak hanya di Makassar tetapi seluruh Indonesia. Apalagi sudah banyak korban kecelakaan dari penggunaan knalpot ini karena sering kali digunakan untuk balapan liar.

“Di Makassar ini menjadi salah satu target kita (knalpot brong) untuk tertib lalu lintas karena tidak hanya melanggar aturan tetapi juga meresahkan masyarakat,” jelas Ngajib.

Tercatat knalpot yang disita sekitar 5.000 unit yang mana tidak dimusnahkan tetapi dikreasikan menjadi monumen. Dia menyampaikan rasa bangga terhadap Danny Pomanto karena terus membantu dan berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar.

“Kami bangga memiliki wali kota yang luar biasa. Sulit mengikuti langkah beliau karena sudah memiliki banyak penghargaan,” pungkasnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross