Pemkab sinjai serahkan danah hibah untuk 53 masjid dan musalla (Foto: Web Pemkab Pangkep).

53 Masjid dan Musala di Pangkep Terima Dana Hibah, Segini Nominalnya

Publish by IDenesia on 8 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan dana hibah untuk 53 masjid, musala, dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) pada tahun 2024. Total dana hibah yang disalurkan mencapai Rp 3,4 miliar.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk bantuan hibah tersebut dilakukan oleh pengurus masjid penerima, disaksikan oleh Bupati Pangkep dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), di aula rumah jabatan Bupati Pangkep, Selasa, 6 Agustus 2024.

"Total ada 53 masjid, musala, dan satu TPA yang menerima bantuan," ujar Kabag Kesra Pangkep, Hasriadi, seperti dikutip dari laman Pemkab Pangkep, Kamis, 8 Agustus 2024.

Hasriadi berharap agar pengurus masjid, musala, dan TPA memaksimalkan bantuan dari pemerintah. Ia juga menekankan pentingnya penyelesaian pengerjaan dan pertanggungjawaban dana hibah tersebut.

"Termasuk pertanggungjawaban yang harus diselesaikan. Kami berharap akhir tahun 2024 semua pengerjaan dan pertanggungjawaban sudah rampung," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), mengingatkan seluruh pengurus masjid untuk menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran.

"Hal-hal seperti itu akan diperiksa oleh pemerintah. Jika masjid sudah menyelesaikan LPJ, maka sudah aman. Bukan untuk keperluan lain, niatnya untuk membangun masjid, namun tetap ada laporan pertanggungjawabannya karena ini adalah uang rakyat yang harus kami pertanggungjawabkan," katanya.

MYL menambahkan, dengan perbaikan masjid diharapkan kegiatan keagamaan dapat berkembang.

"Jika masjid sudah bagus, saya harap salat fardhu di masjid yang selama ini hanya satu baris bisa meningkat menjadi dua atau tiga baris. Saya titipkan kepada pengurus masjid untuk mengajak tetangga salat berjamaah dan memperkuat kegiatan keagamaan di wilayah masing-masing," jelasnya.

"Selain menjadi tempat sembahyang, masjid juga bisa dijadikan tempat anak-anak mengaji. Remaja masjid dan majelis taklim bisa aktif untuk pengembangan agama Islam di Kabupaten Pangkep," tutupnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross