Ilustrasi masyarakat adat (Foto: humanium.org).

Sejarah Hari Ini, 9 Agustus: Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia

Publish by IDenesia on 9 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 9 Agustus, merupakan bentuk penghormatan kepada masyarakat adat di seluruh dunia.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Jumat, 9 Agustus 2024, Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia pertama kali dirayakan pada bulan Agustus 1995, setelah Majelis Umum PBB mengesahkan resolusi 49/214 pada 23 Desember 1994.

Tanggal 9 Agustus dipilih sebagai hari peringatan karena pada tanggal tersebut diadakan pertemuan pertama Kelompok Kerja PBB tentang Populasi Adat dari Sub-Komisi untuk Promosi dan Perlindungan Hak Asasi Manusia.

Setiap tahun, hari ini diperingati oleh pemerintah dan organisasi dengan menyelenggarakan forum dan konferensi pendidikan yang membahas berbagai isu sosial yang dihadapi oleh kelompok masyarakat adat di seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun, banyak kelompok masyarakat adat menghadapi tantangan besar akibat proyek pembangunan perkotaan yang merusak dan mengancam tanah serta wilayah mereka.

Organisasi dan badan seperti PBB dan UNESCO pun berupaya melakukan reformasi konstitusional dan legislatif untuk mendukung kelompok masyarakat adat yang terpinggirkan. Namun, upaya tersebut harus mencakup semua pihak dalam perjuangan ini, tanpa ada yang ditinggalkan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross