Ilustrasi pendaftaran CPNS dan PPPK (Foto: http://bkd.padanglawasutarakab.go.id).

Makassar Dapat 184 Kuota CPNS 2024, Begini Pembagian dan Formasinya

Publish by IDenesia on 9 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menetapkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebanyak 184 formasi pada tahun 2024. Jumlah tersebut terbagi menjadi formasi kesehatan dan formasi teknis. 

"Untuk formasi kesehatan, dialokasikan sekitar 50-60 kuota, sementara sisanya dialokasikan untuk formasi teknis di berbagai jurusan," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Makassar, Akhmad Namsum, dalam keterangannya yang diterima IDenesia Jumat, 9 Agustus 2024.

Akhmad menjelaskan, tenaga teknis yang diutamakan berasal dari jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan kerja Pemkot Makassar di mana keterampilan IT sangat dibutuhkan.

"Teknologi informasi memang menjadi fokus utama karena itulah yang dibutuhkan saat ini," tambahnya.

Selain itu, Akhmad juga mengungkapkan pemerintah pusat akan memberikan kuota untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 yang menyebutkan bahwa perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan melalui dua jalur, yakni CPNS dan PPPK.

Namun, berbeda dengan CPNS yang hanya memiliki dua formasi, PPPK nantinya akan mencakup formasi guru, kesehatan, dan teknis.

"Kami masih menunggu informasi dari KemenPAN RB terkait kuota PPPK untuk seluruh daerah. Dalam waktu dekat, pengumuman resminya akan disampaikan," jelas Akhmad.

Penerimaan PPPK tahun 2024 diharapkan menjadi peluang besar bagi tenaga honorer di Pemkot Makassar, yang dikenal dengan sebutan 'Laskar Pelangi'. 

Akhmad menyebutkan Pemkot Makassar akan memprioritaskan tenaga teknis untuk mendukung operasional pemerintahan, terutama bagi pegawai K2 yang telah lama mengabdi.

"Minimal harus memiliki masa pengabdian dua tahun. Kami sangat selektif dalam menilai potensi, loyalitas, dan profesionalisme pegawai non-ASN," tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, pengumuman kuota PPPK diperkirakan akan bersamaan dengan pengumuman jadwal pendaftaran rekrutmen CASN 2024.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross